Minggu, 23 Juni 2013

RPP



RancanganPelaksanaanPembelajaran
NamaSekolah            : SMA Negeri I PPL
Mata Pelajaran          : Fisika
Kelas/semester           : XI/2
Pertemuanke-            : Dua
AlokasiWaktu            : 30 menit
StandarKompetensi  : 2. Menerapkankonsepdanprinsippadamekanikaklasiksistemkontinu
(bendategardanfluida) dalampenyelesaianmasalah.
KompetensiDasar      :  2.2. Menganalisishukum – hukum yang berhubungandenganfluida
Statisdandapatmenerapkankonseptersebutdalamkehidupansehari – hari.
Indikator                    :
*       MendefinisikanpengertianHukum Archimedes.
*       Menjelaskansyarat-syaratbenda yang mengapung, melayang, dantenggelam.
*       Menjelaskantentangbenda - benda yang mengapung, melayang, dantenggelam berdasarkanHukum Archimedes.

*      TujuanPembelajaran:
*       SiswadapatmendefinisikanpengertianHukum Archimedes berdasarkankonsep yang benar, melaluimetode Make – A Make (MencariPasangan)
*       Siswadapatmengidentifikasisyaratbenda yang mengapung, melayang, dantenggelam, melaluimetode Make – A Make (MencariPasangan)
*       Siswadapatmengidentifikasibenda - benda yang mengapung, melayang, dantenggelam berdasarkanHukum Archimedes, melaluimetode Make – A Make (MencariPasangan)

*      Materi Ajar          :           Hukum Archimedes.

*      MetodePembelajaran:
Metode Make – A Make (MencariPasangan), (Lorna Curna, 1994).

*      KegiatanPembelajaran :
Langkah-langkah:
*          KegiatanAwal (3menit)
*         Mengaturkondisiruangkelas
*         Menanyakankehadiransiswa
*         Menanyakankesiapansiswadalammelakukanpembelajaran
*         MemberikanApresepsidanMotivasi :MemberikansalahsatugejalafisikamengenaikonsepHukum Archimedes. yaitu “jarumjahit yang tenggelamjikadicelupkankedalam air, sementarakapallaut yang jauhlebihberatdarijarum, tidaktenggelam, danmenanyakanmengapahalitubisaterjadi ?
*         Guru menyampaikan SK, KD, danIndikatorpembelajarankepadasiswa

*             KegiatanInti ( 23menit )
*       Guru menanyakankepadasiswatentangkepengetahuanmerekamengenaibunyidarihukum Archimedes
*       Guru dansiswasama-samamendefinisikantentangbunyidarihukum Archimedes.
*       Guru menjelaskankepadasiswasyarat-syaratbenda yang tenggelam, melayangdanterapung.
*       Guru memberikankesempatankepadasiswauntukbertanya.
*       Guru melanjutkanpembelajarannyadenganmenjelaskantentangbenda-benda yang mengapung, tenggelamdanmelayangberdasarkanhukum Archimedes
*       Guru memberikankesempatankepadasiswauntukbertanya.
*       Guru melanjutkanpembelajarandenganmelakukansesirifiudenganmenggunakanMetode Make – A Make (MencariPasangan)
*       Guru menjelaskanmaksuddarimetode yang guru gunakankepadasiswa.
*       Guru menyiapkanbeberapakartu yang berisikankonsepataupertanyaan yang terdiridarikartusoaldanjawaban.
*       Setiapsiswamendapatkansatubuahkartu
*       Setiapsiswamemilikijawaban/soaldarikartu yang dipegang
*       Guru memberikanwaktukepadasiswauntukmencaripasangan yang daritemannya yang cocokdengankartunya (soaljawaban)
*       Setiapsiswa yang dapatmencocokankartunyasebelumbataswaktu yang ditentukandiberikanpoin..
*       Setelahsatubabakkartudikocoklagi agar tiapsiswamendapatkankartu yang berbedadarisebelumnya.
*       Guru memberikankesempatankepadasiswauntukbertanya.
*       Guru membentuksiswadalamduakelompokbelajar.
*       Guru memberikan LKS (non-eksperimen), untukdikerjakanolehsiswa.
*       Guru memberikaninstruksimengenai LKS yang telahdiberikan.
*       Guru memberikanwaktukepadasiswauntukmengerjakansoal-soal yang terdapatdalam LKS.
*       Guru menilaiaktifitassiswadalamkelompoksebagaipenilaiansikapdanpsikomotornya.
*       Guru memberikankesempatankepadamasing-masingkelompokuntukmenunjukansalahsatutemannyauntukmempresentasikanjawabanmerekadidepankelas.
*       Guru memberikankesempatankepadasiswauntukbertanya.
*      KegiatanAkhir (4menit)
*       Guru menuntunsiswauntukmemberikankesimpulanmengenaimateripembelajaranyang telahberlangsung
*       Guru memberikanevaluasiberupatugasterstruktur

*       Penilaian
1.      TeknikPenilaian : TugasIndividu
TugasIndividu yang akandiberikanyaitu:

No.
Soal
Jawaban
Poin

1.
1.       Sebuahbendaterapungpadasuatuzatcairdengan 2/3 bagianbendaitutercelup. Bilamassajenisbenda 0,6 gr/m3, makamassajeniszatcairadalah … kg/m3.

Hukum Archimedes, bendaterapung 2/3 bagian
W=FA
ρb. Vb. g = ρf. Vbf.g
ρb. Vb. = ρf. Vbf.
makamassajeniszatcairadalah;
600. Vb. = ρf. 1/3 Vb
ρf = 1800 kg.m-3




100
Skor

100

2.      BentukInstrumen :Penilaianterhadapkeaktifansiswadalam proses belajarmengajar (menjawabpertanyaandanbertanya).

RubrikPenilaianKeaktifanSiswa
Nama   : ……                                                              Kelas   : ……
No.
Aspek Yang Dinilai
Nilai
1
2
3
4
1
MenyampaikanPertanyaan




2
Menyumbangkan Ide/Berpendapat




3
PenuhPerhatian




Jumlah




SkorMaksimum
12

Keteranganpenilaian :
                    1 = KurangBaik
                    2 = CukupBaik
                    3 = Baik
                    4 = SangatBaik

RubrikPenilaianKeaktifanSiswa
Nama   : ……                                                              Kelas   : ……
No.
Aspek Yang Dinilai
Nilai
1
2
3
4
1
Bekerjadalamkelompok




2
Bekerjasecarasistematis




3
Memcahkanmasalahfisika




Jumlah




SkorMaksimum
12

Keteranganpenilaian :
                    1 = TidakKompeten
                    2 = CukupKompeten
                    3 = Kompeten
                    4 = SangatKompeten
SkorPencapaian  = × 100

*                   Alat/bahan/sumberbelajar
Alat/bahan       :
1.      LKS
SumberBelajar :          
1.      BukuFisikauntuk SMA Kelas XI
2.      Bukureferensi yang relevan





Mengetahui


KepalaSekolah                                                                                   Guru Mata Pelajaran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar