RancanganPelaksanaanPembelajaran
NamaSekolah : SMA Negeri I
PPL
Mata
Pelajaran :
Fisika
Kelas/semester : XI/2
Pertemuanke- : Dua
AlokasiWaktu : 30 menit
StandarKompetensi : 2. Menerapkankonsepdanprinsippadamekanikaklasiksistemkontinu
(bendategardanfluida)
dalampenyelesaianmasalah.
KompetensiDasar : 2.2.
Menganalisishukum – hukum yang
berhubungandenganfluida
Statisdandapatmenerapkankonseptersebutdalamkehidupansehari –
hari.
Indikator :
MendefinisikanpengertianHukum
Archimedes.
Menjelaskansyarat-syaratbenda
yang mengapung, melayang, dantenggelam.
Menjelaskantentangbenda
- benda yang mengapung, melayang, dantenggelam berdasarkanHukum
Archimedes.
TujuanPembelajaran:
SiswadapatmendefinisikanpengertianHukum Archimedes berdasarkankonsep
yang benar, melaluimetode Make – A Make (MencariPasangan)
Siswadapatmengidentifikasisyaratbenda yang mengapung, melayang,
dantenggelam, melaluimetode Make – A Make (MencariPasangan)
Siswadapatmengidentifikasibenda - benda yang mengapung, melayang,
dantenggelam berdasarkanHukum Archimedes, melaluimetode Make – A Make
(MencariPasangan)
Materi
Ajar : Hukum
Archimedes.
MetodePembelajaran:
Metode Make – A Make
(MencariPasangan), (Lorna Curna, 1994).
KegiatanPembelajaran
:
Langkah-langkah:
KegiatanAwal
(3menit)
Mengaturkondisiruangkelas
Menanyakankehadiransiswa
Menanyakankesiapansiswadalammelakukanpembelajaran
MemberikanApresepsidanMotivasi
:MemberikansalahsatugejalafisikamengenaikonsepHukum
Archimedes. yaitu “jarumjahit yang tenggelamjikadicelupkankedalam air,
sementarakapallaut yang jauhlebihberatdarijarum, tidaktenggelam,
danmenanyakanmengapahalitubisaterjadi ?
Guru menyampaikan SK, KD,
danIndikatorpembelajarankepadasiswa
KegiatanInti
( 23menit )
Guru
menanyakankepadasiswatentangkepengetahuanmerekamengenaibunyidarihukum
Archimedes
Guru
dansiswasama-samamendefinisikantentangbunyidarihukum Archimedes.
Guru
menjelaskankepadasiswasyarat-syaratbenda yang tenggelam, melayangdanterapung.
Guru memberikankesempatankepadasiswauntukbertanya.
Guru
melanjutkanpembelajarannyadenganmenjelaskantentangbenda-benda yang mengapung,
tenggelamdanmelayangberdasarkanhukum Archimedes
Guru memberikankesempatankepadasiswauntukbertanya.
Guru melanjutkanpembelajarandenganmelakukansesirifiudenganmenggunakanMetode Make – A Make
(MencariPasangan)
Guru
menjelaskanmaksuddarimetode yang guru gunakankepadasiswa.
Guru menyiapkanbeberapakartu yang
berisikankonsepataupertanyaan yang terdiridarikartusoaldanjawaban.
Setiapsiswamendapatkansatubuahkartu
Setiapsiswamemilikijawaban/soaldarikartu
yang dipegang
Guru
memberikanwaktukepadasiswauntukmencaripasangan yang daritemannya yang
cocokdengankartunya (soaljawaban)
Setiapsiswa yang
dapatmencocokankartunyasebelumbataswaktu yang ditentukandiberikanpoin..
Setelahsatubabakkartudikocoklagi agar
tiapsiswamendapatkankartu yang berbedadarisebelumnya.
Guru memberikankesempatankepadasiswauntukbertanya.
Guru membentuksiswadalamduakelompokbelajar.
Guru memberikaninstruksimengenai LKS
yang telahdiberikan.
Guru
memberikanwaktukepadasiswauntukmengerjakansoal-soal yang terdapatdalam LKS.
Guru
menilaiaktifitassiswadalamkelompoksebagaipenilaiansikapdanpsikomotornya.
Guru memberikankesempatankepadamasing-masingkelompokuntukmenunjukansalahsatutemannyauntukmempresentasikanjawabanmerekadidepankelas.
Guru
memberikankesempatankepadasiswauntukbertanya.
KegiatanAkhir
(4menit)
Guru
menuntunsiswauntukmemberikankesimpulanmengenaimateripembelajaranyang
telahberlangsung
Guru
memberikanevaluasiberupatugasterstruktur
Penilaian
1. TeknikPenilaian
: TugasIndividu
TugasIndividu yang
akandiberikanyaitu:
No.
|
Soal
|
Jawaban
|
Poin
|
1.
|
1.
Sebuahbendaterapungpadasuatuzatcairdengan 2/3
bagianbendaitutercelup. Bilamassajenisbenda 0,6 gr/m3,
makamassajeniszatcairadalah … kg/m3.
|
Hukum Archimedes, bendaterapung 2/3
bagian
W=FA
ρb. Vb. g =
ρf. Vbf.g
ρb.
Vb. = ρf. Vbf.
makamassajeniszatcairadalah;
600.
Vb. = ρf.
1/3 Vb
ρf = 1800 kg.m-3
|
100
|
Skor
|
100
|
2. BentukInstrumen
:Penilaianterhadapkeaktifansiswadalam proses belajarmengajar
(menjawabpertanyaandanbertanya).
RubrikPenilaianKeaktifanSiswa
Nama : …… Kelas : ……
No.
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
MenyampaikanPertanyaan
|
||||
2
|
Menyumbangkan Ide/Berpendapat
|
||||
3
|
PenuhPerhatian
|
||||
Jumlah
|
|||||
SkorMaksimum
|
12
|
||||
Keteranganpenilaian
:
1 = KurangBaik
2 = CukupBaik
3 = Baik
4 = SangatBaik
RubrikPenilaianKeaktifanSiswa
Nama : …… Kelas : ……
No.
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Bekerjadalamkelompok
|
||||
2
|
|||||
3
|
Memcahkanmasalahfisika
|
||||
Jumlah
|
|||||
SkorMaksimum
|
12
|
Keteranganpenilaian
:
1 = TidakKompeten
2 = CukupKompeten
3 = Kompeten
4 = SangatKompeten
SkorPencapaian = × 100
Alat/bahan/sumberbelajar
Alat/bahan :
1. LKS
SumberBelajar
:
1. BukuFisikauntuk
SMA Kelas XI
2. Bukureferensi
yang relevan
Mengetahui
KepalaSekolah Guru Mata Pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar