Selasa, 09 April 2013

Lks-Eksperimen


TUGAS TELAAH KURIKULUM

LKS Eksperimen
PENGGUANAAN ALAT UKUR PANJANG

OLEH
Nama     : Irawan Galela
Nim        : 2010 – 43 - 123
Prody     : Pendidikan Fisika


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PATTIMURA
AMBON
2012

         *         Judul:                                 PENGGUNAAN ALAT UKUR PANJANG

         *         Petunjuk.
1.      Sebelum melakukan eksperimen pastikan terlebih dulu kelengkapan alat dan bahan yang akan digunakan sesuai jenis eksperimen yang akan dilakukan.
2.      Sebelum melakukan eksperimen terlebih dulu bacalah prosedur atau langkah-langkah percobaan dalam eksperimen.
3.      Apabila dalam melakukan eksperimen terdapat hal-hal yang tidak dimengerti tanyakanlah kepada guru ataua sisten ( jika ada ).
4.      Bacalah buku-buku yang menyangkut dengan topic eksperimen anda untuk menambah pemahaman dan memudahkan anda dalam melakukan eksperimen.
5.      Setelah melakukan eksperimen jawablah pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam eksperimen( jika ada ).

         *         Kompetensi Dasar( KD ) / Mata pelajaran ( MP ).

Kompetensi Dasar( KD ).

Mata Pelajaran( MP ).

1.      Mengukur besaran-besaran fisika dengan alat yang sesuai, dan mengelola data hasil dengan menggunakan angka penting.

FISIKA


         *         Informasi Pendukung.
Mengukur bertujuan mengetahui harga besaran yang diukur. Pengukuran suatu besaran ada yang dapat diukur secar langsung ( misalnya, panjang ), dan ada pula besaran yang tidak dapat diukur secara langsung ( misalnya, luas suatu permukaan, volume suatu benda ).
Pengukuran dikatakan baik apabila hasil ukurannya mempunyai ralat ( error ) atau ketidakpastian yang relative kecil dan harga sesungguhnya terletak dalam ralat tersebut.


         *         Tugas / langkah Kerja.
a.      Alat dan Bahan Eksperimen
1.      Alat Eksperimen Yang Digunakan:
a.       Mistar
b.      Jangka Sorong
c.       Mikrometer Sekrup
2.      Bahan Eksperimen Yang Digunakan :
a.       Beberapa Benda ( zat padat ) yang akan diukur volumenya.

b.        Prosedur Eksperimen
1.      Pada percobaan/eksperimen ini disediakan tiga buah benda yang akan diukur volumenya.
2.      Ukur setiap sisi benda pada beberapa tempat yang berbeda dengan alat ukur yang disediakan ( mistar, jangka sorong, dan micrometer sekrup ).
3.      Setelah pengukuran pada langkah kedua tentukan volume masing-masing benda berdasarkan alat ukur yang dugunakan. Ingat, hasil pengolahan data dengan menggunakan angka penting. lihatlah dimensi manakah yang memiliki sumbangan ralat terbesar dalam perhitungan volumenya.
4.      Ulangi pengukuran yang sama dengan menggunakan benda-benda yang lain.
5.      Catatlah hasil pengukuran dalam Tabel Data Hasil Pengamatan ( tanyakan kepada guru bentuk tabel hasil pengamatannya ).





         *         Penilaian.
1.      Pengukuran dengan menggunakan mistar ( 10 )
2.      Pengukuran dengan menggunakan jangka sorong ( 10 )
3.      Pengukuran dengan menggunakan micrometer sekrup ( 10)
4.      Perhitungan volume masing-masing benda dengan  menggunakan mistar  (20)
5.      Perhitungan volume masing-masing benda dengan  menggunakan jangka sorong  (20)
6.      Perhitungan volume masing-masing benda dengan  menggunakan micrometer sekrup  (20)
7.      Tabel hasil pengamatan ( 10 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar