Rancangan
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XII/1
Pertemuan
ke : 1-8
Alokasi
waktu : 16 jampel
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kelistrikan dan
kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
Kompetensi
dasar : Memformulasikan
gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial
listrik,
energy potensial listrik, serta penerapannya pada keping sejajar.
Indikator :
1. Menjelaskan
bagaimana muatan listrik dihasilkan
2. Menjelaskan
sifat-sifat dari muatan listrik
3. Menjelaskan
interaksi antara muatan-muatan listrik.
4. Menjelaskan
partikel yang ada didalam atom
5. Membedakan
bahan-bahan yang dapat dan tidak dapat menghantarkan arus listrik.
6. Menyebutkan
bunyi dari hukum coulomb
7. Menggunakan
persamaan hukum coulomb untuk menyelesaikan soal.
8. Menyebutkan
defenisi dari gaya listrik
9. Menyebutkan
sifat-sifat dari gaya listrik
10. Menjelaskan
hubungan tentang gaya listrik dengan besar muatan listrik
11. Menghitung
besar gaya listrik yang sebanding dengan besar muatan listrik masing-masing
12. Menghitung
besar gaya listrik yang berbanding terbalik dengan kuadrat jarak pisah antara
kedua muatan listrik
13. Menentukan
resultan gaya coulomb
14. Menjelaskan
gaya coulomb dalam bahan.
15. Menjelaskan
pengertian medan listrik berdasarkan konsep yang benar.
16. Menjelaskan
fungsi dari muatan uji, pada medan listrik
17. Menjelaskan
fungsi dari muatan titik pada medan listrik
18. Menjelaskan
fungsi dari muatan sumber pada medan listrik
19. Menjelaskan
tentang kuat medan listrik
20. Menjelaskan
tentang arah kuat medan listrik pada suatu titik
21. Menjelaskan
tentang garis-garis medan listrik
22. Menjelaskan
konsep fluks listrik
23. Menyebutkan
bunyi hukum gauss.
24. Menghitung
kuat medan listrik untuk konduktor dua keeping sejajar dengan menggunakan
persamaan hukum gauss.
25. Menghitung
kuat medan listrik untuk konduktor bola berongga dengan menggunakan persamaan
hukum gauss.
26. Menjelaskan
hubungan antara medan listrik dan medan magnet.
27. Menjelaskan
pengertian potensial listrik
28. Menjelaskan
pengertian energy potensial listrik.
29. Menggunakan
persamaan potensial listrik dalam meyelesaikan soal
30. Memformulasikan
energy potensial listrik
31. Menjelaskan
tentang beda potensial listrik.
32. Menghitung
beda potensial listrik
33. Menjelaskan
hubungan antara potensial listrik dan medan listrik.
34. Menjelaskan
hubungan antara potensial listrik dan kuat medan listrik pada konduktor dua
keping sejajar.
35. Menghitung
potensial listrik dan kuat medan listrik pada konduktor dua keping sejajar.
36. Menjelaskan
hubungan antara potensial listrik dan kuat medan listrik pada konduktor bola
berongga.
37. Menghitung
potensial listrik dan kuat medan listrik pada konduktor bola berongga
38. Menjelaskan
hubungan antara konduktor bola berongga dengan bidang ekipotensial.
39. Menjelaskan
pengertian kapasitor
40. Menjelaskan
fungsi kapasitor
41. Menyebutkan
jenis-jenis kapasitor
42. Menjelaskan
susunan dari kapasitor
43. Menjelaskan
tentang kapasitas kapasitor
44. Mengformulasikan
kapasitas kapasitor keping sejajar
45. Menggunakan
persamaan kapasitas kapasitor dalam menyelasaikan soal
46. Menjelaskan
tentang kapasitas ekivalen seri
47. Menghitung
kapasitas ekivalen untuk susunan seri
48. Menjelaskan
tentang kapasitas ekivalen paralel
49. Menghitung
kapasitas ekivalen untuk susunan parallel
50. Menghitung
besarnya kapasitas ekivalen untuk susunan gabungan (seri dan parallel).
51. Mengunakan
persamaan energy potensial pada kapasitor untuk menyelesaikan soal.
52. Menjelaskan
tentang dielektrikum
53. Menyebutkan
jenis-jenis bahan dielektrikum
54. Menjelaskan
tentang kekuatan dielektrikum
55. Menjelaskan
pengaruh dielektrikum terhadap kapasitas kapasitor
56. Menjelaskan
tentang kerusakan dielektrikum
Tujuan
pembelajaran :
1. Siswa
dapat menjelaskan bagaimana muatan listrik dihasilkan secara tepat, melalui
metode ceramah berfariasi
2. Siswa
dapat menjelaskan sifat-sifat dari muatan listrik dengan benar. melalui metode
ceramah berfariasi
3. Siswa
dapat menjelaskan interaksi dari muatan listrik dengan benar. melalui metode
ceramah berfariasi
4. Siswa
dapat menjelaskan partikel-partikel yang terdapat dalam atom,melalui metode
ceramah berfariasi
5. Siswa
dapat membedakan bahan-bahan yang dapat dan tidak menghantarkan arus listrik
secara tepat,melalui metode ceramah berfariasi
6. Siswa
dapat menyebutkan bunyi dari hukum dengan benar, melalui metode ceramah
berfariasi
7. Siswa
dapat mengunakan persamaan hukum coulomb dengat tepat dalam menyelesaikan soal
8. Siswa
dapat menyebutkan defenisi dari gaya listrik, dengan benar
9. Siswa
dapat menyebutkan sifat-sifat dari gaya listrik
10. Siswa
dapat menjelaskan hubungan antara gaya listrik dengan besar muatan listrik,
dengan baik
11. Siswa
dapat menghitung besar gaya listrik yang sebanding dengan besar muatan listrik
masing-masing, dengan benar
12. Siswa
dapat menghitung besar gaya listrik yang berbanding terbalik dengan kuadrat
jarak pisah antara kedua muatan listrik.
13. Siswa
dapat menentukan resultan gaya coulomb, dengan benar
14. Siswa
dapat menjelaskan gaya coulomb dalam bahan
15. Siswa
dapat menyebutkan pengertian medan listrik berdasarkan konsep yang benar,
melalui ceramah berfariasi
16. Siswa
dapat menyebutkan fungsi dari muatan uji, pada medan listrik dengan tepat,
melalui ceramah berfariasi
17. Siswa
dapat menyebutkan fungsi dari muatan titik pada medan listrik dengan tepat,
melalui ceramah berfariasi
18. Siswa
dapat menyebutkan fungsi dari muatan sumber pada medan listrik dengan tepat,
melalui ceramah berfariasi
19. Siswa
dapat menjelaskan tentang kuat medan listrik, dengan benar, melalui ceramah
berfariasi
20. Siswa
dapat menentukan arah kuat medan listrik pada suatu titik, dengan benar,
melalui ceramah berfariasi
21. Siswa
dapat menjelaskan tentang garis-garis medan listrik, melalui ceramah berfariasi
22. Siswa
dapat menjelaskan konsep fluks listrik dengan benar, melalui ceramah berfariasi
23. Siswa
dapat menyebutkan fungsi dari hukum gauss dengan benar, melalui ceramah
berfariasi
24. Siswa
dapat menggunakan persamaan hukum gauss dalam menghitung kuat medan listrik
untuk konduktor dua keeping sejajar dengan benar, melalui metode ceramah
berfariasi
25. Siswa
dapat menggunakan persamaan hukum gauss dalam menghitung kuat medan listrik
untuk konduktor bola berongga, melalui metode ceramah berfariasi
26. Siswa
dapat menjelaskan hubungan antara medan listrik dan medan magnet, dengan benar
melaui metode ceramah berfariasi.
27. Siswa
dapat menyebutkan pengertian potensial listrik dengan benar, melalui metode
ceramah berfariasi
28. Siswa
dapat menyebutkan pengertian energi potensial listrik dengan benar, melalui
metode ceramah berfariasi
29. Siswa
dapat menggunakan persamaan potensial listrik dengan benar dalam menyelesaikan
soal, melalui metode ceramah berfariasi
30. Siswa
dapat memformulasikan energi potensial listrik, dengan benar, melalui metode
ceramah berfariasi
31. Siswa
dapat menyebutkan tentang beda potensial listrik dengan benar, melalui metode
ceramah berfariasi
32. Siswa
dapat menggunakan persamaan beda potensial listrik untuk menghitung beda
potensial listrik dengan benar, melalui metode ceramah berfariasi
33. Siswa
dapat menjelaskan hubungan antara potensial listrik dan medan listrik, dengan
benar melalui metode ceramah berfariasi
34. Siswa
dapat menjelaskan hubungan antara potensial listrik dan kuat medan listrik pada
konduktor dua keping sejajar dengan benar, melalui metode ceramah berfariasi
35. Siswa
dapat menghitung potensial listrik dan kuat medan listrik pada konduktor dua
keping sejajar, dengan baik melalui metode ceramah berfariasi
36. Siswa
dapat menjelaskan hubungan antara potensial listrik dan kuat medan listrik pada
konduktor bola berongga dengan benar, melalui metode ceramah berfariasi
37. Siswa
dapat menghitung potensial listrik dan kuat medan listrik pada konduktor bola
berongga, dengan baik, melalui metode ceramah berfariasi
38. Siswa
dapat menjelaskan hubungan antara konduktor bola berongga dengan bidang
ekipotensial, dengan benar, melalui metode caramah berfariasi
39. Siswa
dapat menyebutkan pengertian kapasitor dengan benar, melalui metode demonstrasi
40. Siswa
dapat menjelaskan fungsi kapasitor dengan benar, melalui metode demontrasi
41. Siswa
dapat menyebutkan jenis-jenis kapasitor dengan benar, melalui metode demontrasi
42. Siswa
dapat menyebutkan susunan kapasitor dengan tepat, melalui metode demontrasi
43. Siswa
dapat meyebutkan pengertian kapasitas kapasitor, dengan benar melalui metode
demontrasi
44. Siswa
dapat memformulasikan kapasitas kapasitor keeping sejajar dengan benar, melalui
metode demontrasi
45. Siswa
dapat menggunakan persamaan kapasitas kapasitor dalam menyelesaikan soal dengan
benar, melalui metode demontrasi
46. Siswa
dapat menyebutkan pengertian kapasitas ekivalen seri dengan benar, melalui
metode demontrasi
47. Siswa
dapat menggunakan persamaan kapasitas ekivalen seri dalam menyelesaikan soal,
dengan benar melalui metode demontrasi
48. Siswa
dapat menyebutkan tentang pengertian kapasitas ekivalen paralel dengan benar,
melalui metode demonstrasi
49. Siswa
dapat menggunakan persamaan kapasitas ekivalen paralel dalam menyelesaikan soal
dengan benar, melalui metode demontrasi
50. Siswa
dapat menghitung besarnya kapasitas ekivalen susunan gabungan dengan benar,
melalui metode demontrasi
51. Siswa
dapat menggunakan persamaan energi potensial pada konduktor dalam menyelesaikan
soal dengan benar, melalui metode demontrasi
52. Siswa
menyebutkan pengertian dielektriku dengan benar melalui metode demonstrasi
53. Siswa
dapat menyebutkan jenis-jenis bahan dielektrikum dengan benar melalui metode
demonstrasi
54. Siswa
dapat menjelaskan tentang kekuatan dielektrikum, dengan benar melalui metode
demontrasi
55. Siswa
dapat menjelaskan tentang pengaruh dielektrikum terhadap kapasitas kapasitor,
dengan benar melalui metode demontrasi
56. Siswa
dapat menjelaskan tentang kerusakan dielektrikum, dengan benar melalui metode demontrasi
Materi
Pembelajarn :
1.
Muatan Listrik
2.
Hukum Coulomb
3.
Medan Listrik
4.
Potensial Listrik
5.
Kapasitor
Metode
Pembelajaran :
1. Ceramah
berfariasi dibantu media power point
2. Diskusi
3. Metode
demontrasi
Kegiatan
pembelajaran :
Langkah-langkah
;
PERTEMUAN PERTAMA
A.
Kegiatan
awal ( 10 menit)
Menyiapkan mengatur kondisi ruang kelas
Absensi
Menayakan kesiapan siswa untuk memulai
kegiatan pembelajaran
Aprespsi berupa “ menanyakanjenis-jenis
muatan, dan bagaimana proses interaksinya yang sejenis dan tidak sejenis dan
memberi contoh atau ilustrasi ibarat perempuan dan perempuan, laki-laki dan
laki-laki, perempuan dan laki-laki”
Motivasi : memaparkan muatan-muatan
listrik yang meskipun mempunyai ukuran kecil tapi memiliki peranan yang besar
dalam dunia kelistrikan.
Guru menyampaikan SK dan KD kepada
siswa, lewat media power point
B.
Kegiatan
inti ( 60 menit)
Eksplorasi
GURU
|
SISWA
|
Guru menulis Indikator pembelajaran
Guru menyiapkan power point yang akan dilakukan
dalam proses pembelajaran
Guru menanyakan kepada siswa tentang muatan-muatan
listrik yang diketahui oleh siswa
Guru memberikan siswa kesempatan kepada siswa
untuk menyebutkan pengertian muatan listrik menurut pendapat mereka
Guru meluruskan jawaban siswa sekaligus
menyebutkan pengertian muatan listrik berdasarkan konsep yang benar
Guru menjelaskan bagaimana muatan listrik
dihasilkan melalui power point
Guru menunjukan bagaimana proses interaksi antara
muatan listrik dalam bentuk animasi
Guru menjelaskan proses interaksi antara muatan
listrik, melalui power point
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
bertanya
Guru menjelaskan sifat-sifat dari muatan listrik
Guru menjelaskan partikel yang ada dalam atom
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
bertanya
Guru membantu membuka pemahaman siswa agar siswa
dapat membedakan bahan-bahan yang dapat dan tidak dapat menghantarkan arus
listrik
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
memberikan pemahaman mereka mengenai bahan-bahan yang dapat dan tidak dapat
menghantarkan arus listrik, berdasarkan pemahaman yang telah diberikan oleh
guru
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
bertanya
|
Siwa menulis
Siswa mulai memperhatikan
Siswa befikir dan kemudian menjawab pertanyaan
guru
Siswa berfikir dan kemudian menjawab pertanyaan
guru
Siswa mencatat pengertian muatan lsitrik
Siswa memperhatikan proses interaksi yang
ditunjukan guru
Siswa menyimak dan
mencatat penjelasan guru
Siswa bertanya
Siswa menyimak dan mencatat penjelasan guru
Siswa menyimak dan mencatat penjelasan guru
Siswa bertanya (jika ada)
Siswa memberikan pemahaman mereka mengenai
bahan-bahan yang dapat dan tidak dapat menghantarkan arus listrik
Siswa bertanya (jika ada)
|
Elaborasi
GURU
|
SISWA
|
Guru membiasakan siswa untuk rajin bertanya
Guru memfasilitasi siswa untuk menjawab pertanyaan
dan membiasakan untuk dapat menyampaikan gagasannya
|
Siswa diperbolehkan untuk bertanya
Siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan
gagasannya
|
Konfirmasi
GURU
|
SISWA
|
Guru menanyakan kepada siswa mengenai kepahaman
mereka terhadap materi yang diajarkan
|
Siswa memberikan pertanyaan
|
C.
Kegiatan
Akhir (20 menit)
GURU
|
SISWA
|
Guru menuntun siswa untuk memberikan kesimpulan
mengenai materi yang telah diajarkan
guru memberikan tugas(berupa tugas terstruktur)
kepada siswa
|
Siswa memberikan kesinpulan
Siswa menulis tugas
|
Ø Tugas
Mandiri Terstrektur Yang Diberikan
No
|
Soal
|
Penyelesaiannya
|
Skor
|
1
2
|
Jenis
muatan apakah yang akan dihasilkan oleh balon ketika digosokan dengan kain
wol ? Jelaskan mengapa demikian ?
Jenis
muatan apakah yang akan dihasilkan oleh
plastic ketika digosok dengan kain wol ? Jelaskan mengapa demikian ?
|
Jenis
muatan yang akan dihasilkan oleh balon adalah muatan negative sedangkan untuk kain wol sendiri bermuatan postif. Karena, sebelum balon digosok dengan kain
wol, baik balon maupun kain keduanya dalam posisi netral, setelah balon
digosok dengan kain wol maka sejumlah electron pada kain wol berpindah kepada
balon sehingga balon memiliki atau mengandung banyak muatan negative, karena
jumlah elektronnya lebih banyak dari jumlah protonya. Sedangkan kain wol,
bermuatan positif karena jumlah protonnya lebih banyak dari jumlah
elektronnya.
Jenis
muatan yang akan dihasilkan oleh plastik adalah muatan negative sedangkan untuk kain wol sendiri bermuatan postif. Karena, sebelum plastic digosok dengan kain
wol, baik plastic maupun kain keduanya dalam posisi netral, setelah plastic
digosok dengan kain wol maka sejumlah electron pada kain wol berpindah kepada
plastic sehingga plastic memiliki atau mengandung banyak muatan negative,
karena jumlah elektronnya lebih banyak dari jumlah protonya. Sedangkan kain
wol, bermuatan positif karena jumlah protonnya lebih banyak dari jumlah
elektronnya.
|
50
50
|
PERTEMUAN KEDUA
A.
Kegiatan
awal ( 10 menit)
Guru
mengatur kondisi kelas.
Absensi
Menayakan
kesiapan siswa untuk memulai kegiatan pembelajaran
Apersepsi
:menanyakan materi yang telah diajakan minggu yang lalu, bagaimana interaksi
muatannya, dan bagaimana jika muatan yang diberikan besar pada positif n
negative dan kecil
Motivasi
:Sudah tahu jenis- jenis muatan listrik ?
Apa yang akan terjadi jika muatan yang
sejenis ataupun tidak sejenis kita dekatkan ?
Guru
menyampaikan SK dan KD kepada siswa
B. Kegiatan Inti (60 mrnit)
Eksplorasi
GURU
|
SISWA
|
Guru menulis indicator pembelajaran
Guru mengarahkan siswa untuk dapat menyebutkan
bunyi dari hukum coulomb
Guru memperjelas penjelasan siswa dalam
menyebutkan bunyi dari hokum coulomb
Guru menyebutkan defenisi dari gaya listrik
Guru menyebutkan sifat-sifat dari gaya listrik
Guru menjelaskan hubungan tentang gaya listrik
dengan besar muatan listrik
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya
Guru membuat sebuah contoh untuk dikerjakan oleh
guru mengenai besar gaya listrik yang sebanding dengan besar muatan listrik
masing-masing
Guru membuat sebuah contoh untuk dikerjakan oleh
guru mengenai besar gaya listrik yang berbanding terbalik dengan kuadrat
jarak pisah antara kedua muatan listrik
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya mengenai contoh soal yang dibuat
Guru membuat sebuah contoh untuk dikerjakan oleh siswa
mengenai besar gaya listrik yang sebanding denganbesar muatan listrik
masing-masing, dan mengenai besar gaya listrik yang berbanding terbalik
dengan kuadrat jarak pisah antara kedua muatan listrik
Guru memperhatikan pekerjaan siswa didepan
Guru membuat contoh untuk menentukan resultan gaya
coulomb
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya mengenai contoh soal yang dibuat
Guru menjawab pertanyaan siswa (jika ada)
Guru menjelaskan tentang gaya coulomb dalam bahan
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya mengenai contoh soal yang dibuat
Guru menjawab pertanyaan siswa (jika ada)
|
Siswa menulis
Siswa menyimak dan mencatat penjelasan guru
Siswa menyebutkan bunyi hukum coulomb berdasarkan
pemahaman mereka
Siswa menyimak dan mencatat penjelasan guru
Siswa menyimak dan mencatat penjelasan guru
Siswa menyimak dan mencatat penjelasan guru
Siswa bertanya (jika ada)
Siswa memperhatikan pekerjaan guru
Siswa bertanya (jika ada)
Siswa mengerjakan contoh tersebut didepan kelas
Siswa
memperhatikan pekerjaan guru
Siswa bertanya(jika ada)
Siswa menyimak dan mencatat penjelasan guru
Siswa bertanya(jika ada)
|
Elaborasi
GURU
|
SISWA
|
Guru membiasakan siswa untuk rajin bertanya
Guru memfasilitasi siswa untuk menjawab pertanyaan
dan membiasakan untuk dapat menyampaikan gagasannya
|
Siswa diperbolehkan untuk bertanya
Siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan
gagasannya
|
Konfirmasi
GURU
|
SISWA
|
Guru menanyakan kepada siswa mengenai kepahaman
mereka terhadap materi yang diajarkan
|
Siswa memberikan pertanyaan
|
C.
Kegiatan
Akhir (20 menit)
GURU
|
SISWA
|
Guru menuntun siswa untuk memberikan kesimpulan
mengenai materi yang telah diajarkan
guru memberikan tugas(berupa tugas terstruktur)
kepada siswa
|
Siswa memberikan kesinpulan
Siswa menulis tugas
|
Ø Tugas
Mandiri Terstrektur Yang Diberikan
No
|
Soal
|
Penyelesaiannya
|
Skor
|
||||||||||
1
2
|
Dua
buah muatan masing-masing 5 C dan 4 C berjarak 3 m satu sama lain. Jika
diketahui k = 9 x109 Nm2/C2, maka besar gaya
coulomb yang dialami kedua muatan adalah…
Misalkan
ada dua muatan listrik, masing-masing bermuatan listrik +Q coulomb dan
terpisah sejauh d, mengalami gaya listrik tolak-menolak sebesar F( lihat
gambar dibawah ini). Berapa besar gaya listrik jika muatan listrik
masing-masing menjadi +2Q dan +Q ?
|
Gunakan
rumus gaya coulomb:
F
=
Diketahui:
k = 9 x109 Nm2/C2,
q1
dan q2 = 5 C dan 4 C
r = 3 m
Jawabannya
= 60x109 N
Gunakan
persamaan gaya coulomb untuk membantu menyelesaikan soal;
Solusi:
Karena
gaya listrik sebanding dengan besar masing-masing muatan listrik, maka besar
gaya listrik sekaranf F’ menjadi
F’
= x F = 2F
gambarnya
|
40
60
|
PERTEMUAN KETIGA
A.
Kegiatan
awal ( 10 menit)
Guru
mengatur kondisi kelas.
Absensi
Menayakan
kesiapan siswa untuk memulai kegiatan pembelajaran
Apersepsi
dan motivasi : “ anda telah pelajari tentang bagaimana muatan yang sejenis
ketemu dan sebaliknya.! Apakah muatan sumber dan muatan ujipun ketika mengalami
peristiwa yang sama akan terjadi hal yang sama pula?
B.
Kegiatan
Inti (60 menit)
Eksplorasi
GURU
|
SISWA
|
Guru menulis indicator pembelajaran dipapan tulis
Guru menyiapkan power point yang akan digunakan
dalam pertuman ketiga ini
Guru memberikan penjelasan
tentang pengertian medan listrik berdasarkan konsep yang benar. Dengan
menggunakan power pont
Guru menjelaskan tentang muatan uji, dan muatan
sumber, dengan menggunakan power point
Guru memperlihatkan animasi terkait muatan uji dan
muatan sumber melalui media power point.
Guru menyebutkan fungsi dari muatan uji, dan
muatan sumber pada medan listrik, melalui power point
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya
Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa
(jika ada)
Guru menjelaskan tentang pengertian kuat medan
listrik, dengan menggunakan power point
Guru menjelaskan tentang arah
kuat medan listrik pada suatu titik, dengan power point
Guru menjelaskan tentang
garis-garis medan listrik dengan power point
Guru menjelaskan tentang konsep
fluks listrik dengan power point
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya, mengenai materi yang disampaikan
Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa
(jika ada)
|
Siswa menulis indicator yang ditulis oleh guru
Siswa menulis penjelasan guru mengenai pengertian
medan listrik
Siswa
menyimak dan menulis penjelsan guru
Siwa memperhatikan bentuk animasi dari muatan uji
dan muatan sumber yang diperlihatkan oleh guru melalui power point
Siswa bertanya(jika ada)
Siswa menyimak dan menulis penjelasan guru
Siswa bertanya(jika ada)
Siswa menyimak dan menulis penjelasan guru
mengenai fluks listrik
Siswa bertanya (jika ada)
|
Elaaborasi
GURU
|
SISWA
|
Guru membiasakan siswa untuk rajin bertanya
Guru memfasilitasi siswa untuk menjawab pertanyaan
dan membiasakan untuk dapat menyampaikan gagasannya
|
Siswa diperbolehkan untuk bertanya
Siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan
gagasannya
|
Konfirmasi
GURU
|
SISWA
|
Guru menanyakan kepada siswa mengenai kepahaman
mereka terhadap materi yang diajarkan
|
Siswa memberikan pertanyaan
|
C.
Kegiatan
Akhir (20 menit)
GURU
|
SISWA
|
Guru menuntun siswa untuk memberikan kesimpulan mengenai
materi yang telah diajarkan
guru memberikan tugas(berupa tugas terstruktur)
kepada siswa
|
Siswa memberikan kesinpulan
Siswa menulis tugas
|
Ø Tugas
Mandiri Terstrektur Yang Diberikan
No
|
Soal
|
Penyelesaiannya
|
Skor
|
|||
1
|
Jarak
antara muatan A dan B adalah 4m. titik C berada diantara kedua muatan
berjarak 1 m dari A. jika QA = -300 µC, QB= 600 µC, jika: = 9x109 Nm2C-2.
Maka besar kuat medan ditik C pengaruh dari kedua muatan adalah… N/C.
|
Solusi:
Dititik
C terdapat muatan uji (+)
Medan
listrik di titik C
EC
= ECA + ECB = +
Jawabannya
= EC= 33x105 N/C
|
100
|
PERTEMUAN KEEMPAT
A.
Kegiatan
awal ( 10 menit)
Guru
mengatur kondisi kelas.
Absensi
Menayakan
kesiapan siswa untuk memulai kegiatan pembelajaran
Apersepsi
dan motivasi : “ Dipertemuan ketiga anda telah mempelajari tentang fluks
listrik dan garis-garis medan listrik.! Apa yang terjadi jika garis-garis medan
listrik menembus suatu permukaan tertutup. Hukum apakah yang menjelaskan
peristiwa itu.?
B.
Kegiatan
Inti (70 menit)
Eksplorasi
GURU
|
SISWA
|
Guru menulis indicator pembelajaran dipapan tulis
Guru menyiapkan power point yang akan digunakan
dalam pertuman keempat ini
Guru mencoba merifiu ulang
pemahaman siswa mengenai garis-garis medan listrik dan fluks listrik, dengan
memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai materi tersebut.
Guru mengarahkan siswa untuk
dapat menjawab pertanyaan yang diberikan, dengan memberikan sedikit gambaran
mengenai garis-garis medan listrik dan fluks listrik
Guru menanyakan kepahaman siswa
mengenai garis-garis medan listrik dan fluks listrik
Guru menunjukan gambar
garis-garis medan listrik yang menembus suatu permukaan tertutup
Guru melanjutkan proses
pembelajaran dengan menyebutkan bunyi hukum gauss. dengan power point
Guru menampilkan Sebuah contoh
yang akan dikerjakan oleh guru untuk menghitung kuat medan listrik untuk
konduktor dua keeping sejajar dengan menggunakan persamaan hukum gauss. Dalam
power point
Guru mengerjakan contoh soal
tersebut dipapan tulis
Guru membuat sebuah contoh yang
akan dikerjakan oleh guru yaitu menghitung kuat medan listrik untuk konduktor
bola berongga dengan menggunakan persamaan hukum gauss. Dalam power point
Guru mengerjakan contoh soal
tersebut dipapan tulis
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya, mengenai materi yang disampaikan
Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa
(jika ada)
Guru melanjutkan pembelajarannya dengan
menampilkan Sebuah contoh yang akan dikerjakan oleh siswa dimana contohnya
untuk menghitung kuat medan listrik untuk konduktor dua keeping sejajar
dengan menggunakan persamaan hukum gauss serta menghitung kuat medan listrik
untuk konduktor bola berongga dengan menggunakan persamaan hukum gauss..
Ditampilkan dalam power point
Guru berjalan melihat hasil
pekerjaan siswa
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk mengerjakan soalnya didepan kelas
Guru megoreksi pekerjaan siswa,
didepan kelas
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya, mengenai materi yang disampaikan
Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa
(jika ada)
Guru melanjutkan proses
pembelajaran dengan menjelaskan hubungan antara medan listrik dan medan
magnet. Dengan menggunakan power point
|
Siswa menulis indicator yang ditulis oleh guru
Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai materi
yang dipelajari pada pertemuan ketiga,
Siswa menjawab kepahaman mereka
Siswa menyimak serta mengambarkan garis-garis
medan tersebut
Siswa menulis bunyi hukum gauss
Siswa menulis contoh soal yang ditampilkan oleh
guru pada power point
Siswa melihat pekerjaan guru dalam menyelesaikan
soal latihan tersebut
Siswa bertanya (jika ada)
Siswa menulis contoh soal berikutnya yang akan
dikerjakan oleh siswa
Siswa mengerjakan soalnya didepan kelas
Siswa meberikan pertanyaan (jika ada)
Siswa menyimak dan menulis penjelsan guru
|
Elaborasi
GURU
|
SISWA
|
Guru membiasakan siswa untuk rajin bertanya
Guru memfasilitasi siswa untuk menjawab pertanyaan
dan membiasakan untuk dapat menyampaikan gagasannya
|
Siswa diperbolehkan untuk bertanya
Siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan
gagasannya
|
Konfirmasi
GURU
|
SISWA
|
Guru menanyakan kepada siswa mengenai kepahaman
mereka terhadap materi yang diajarkan
|
Siswa memberikan pertanyaan
|
C.
Kegiatan
Akhir (20 menit)
GURU
|
SISWA
|
Guru menuntun siswa untuk memberikan kesimpulan
mengenai materi yang telah diajarkan
guru memberikan tugas(berupa tugas terstruktur)
kepada siswa
|
Siswa memberikan kesinpulan
Siswa menulis tugas
|
Ø Tugas
Mandiri Terstrektur Yang Diberikan
No
|
Soal
|
Penyelesaiannya
|
Skor
|
|||
1
|
Dua
keeping logam yang sejajar dengan jarak 0,5 cm satu dari yang lain diberi
muatan listrik yang berlawanan (ligat gambar), hingga beda potensial 1010
volt. Bila muatan elektrin adalah 1,6x10-19 C, maka besar dan arah
gaya coulomb pada sebuah electron yang ada diantara kedua keeping adalah..
|
Solusi
:
Gaya
coulomb akibat medan listrik adalah.,
F= q . E F = q.
F
= 3,2 x 10 -7 N, dengan arah keatas
|
100
|
PERTEMUAN KELIMA
A.
Kegiatan
awal ( 10 menit)
Guru
mengatur kondisi kelas.
Absensi
Menayakan
kesiapan siswa untuk memulai kegiatan pembelajaran
Apersepsi
: guru mencoba untuk merifiu pemahaman siswa tentan materi medan listrik dengan
memberikan beberapa pertanyaan yang membuat siswa memngingat tentang medan
listrik
Motivasi
: kita telah sama-sama pelajari tentang apa itu medan listrik pada pertemuan
ketiga“ tahukah anda hubungan antara medan listrik dan potensial listrik.?
B.
Kegiatan
Inti (70 menit)
Eksplorasi
GURU
|
SISWA
|
Guru menulis indicator dipapan
tulis
Guru memberikan penjelasan
tentang potensial listrik
Guru memberikan penjelasan
tentang energi pitensial listrik
Guru menulis persamaan potensial
listrik
Guru membuat contoh soal dengan
menggunakan persamaan potensial listrik untuk menyelesaikannya
Guru menyelesaikan contoh soal
Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya
Guru menjawab pertanyaan dari
siswa(jika ada)
Guru membuat sebuah contoh soal
dengan menggunakan rumus yang sama dalam penyelesaian soal mengenai potensia
listrik
Guru berjalan mengecek pekerjaan
siswa dalam menyelesaikan soal yang diberikan
Guru memberikesempatan kepada
siswa untuk mengerjakan soalnya didepan kelas
Guru mengoreksi pekerjaan siswa
dan dengan siswa sama-sama memperbaiki kesalahan penyelesaiannya.
Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya
Guru menjawab pertanyaan dari
siswa(jika ada)
Guru memformulasikan energi
potensial listrik
Guru menjelaskan tentang beda
potensial listrik
Guru menulis persamaan beda
potensial listrik
Guru membuat contoh soal untuk
menghitung beda potensial listrik dengan menggunakan persamaan beda potensial
dalam menyelesaikannya.
Guru dan siswa besama-sama
menyelesaikan soal tersebut
Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya
Guru menjawab pertanyaan dari
siswa(jika ada)
|
Siswa menulis indicator yang ditulis oleh guru
Siswa menyimak dan menulis penjelasan guru
Siswa menulis persamaan potensial listrik yang
ditulis oleh guru dipapan tulis
Siswa menulis contoh soal ynag diberikan oleh guru
Siswa melihat pekerjaan guru dalam menyelesaikan
soal
Siswa bertanya(jika ada)
Siswa menulis contoh soal berikutnya yang akan
dikerjakan oleh siswa
Siswa mengerjakan soalnya didepan kelas
Siswa bertanya (jika ada)
Siswa menulis formulasi energi potensial listrik
yang ditulis oleh guru
Siswa menyimak dan menulis penjelasan guru
Siswa menulis contoh soal yang ditulis guru
Siswa dan guru bersama-sama menyelesaikan soal
Siswa bertanya (jika ada)
|
Elaborasi
GURU
|
SISWA
|
Guru membiasakan siswa untuk rajin bertanya
Guru memfasilitasi siswa untuk menjawab pertanyaan
dan membiasakan untuk dapat menyampaikan gagasannya
|
Siswa diperbolehkan untuk bertanya
Siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan
gagasannya
|
Konfirmasi
GURU
|
SISWA
|
Guru menanyakan kepada siswa mengenai kepahaman
mereka terhadap materi yang diajarkan
|
Siswa memberikan pertanyaan
|
C.
Kegiatan
Akhir (20 menit)
GURU
|
SISWA
|
Guru menuntun siswa untuk memberikan kesimpulan
mengenai materi yang telah diajarkan
guru memberikan tugas(berupa tugas terstruktur)
kepada siswa
|
Siswa memberikan kesinpulan
Siswa menulis tugas
|
Ø Tugas
Mandiri Terstrektur Yang Diberikan
No
|
Soal
|
Penyelesaiannya
|
Skor
|
1
|
Sebuah
bola dimuati +4,00 x 10-6 C. Hitunglah:
a. potensial
listrik pada titik yang berjarak 0,200 m dari muatan ( beri label titk A) dan
titik yang berjarak 0,400 m dari muatan (beri label titik B) !
b. Beda
potensial antara A dan B
|
Solusi:
a. .
potensial listrik
Dik
: q = +4,00 x 10-6 C
rA = 0,200 m
rB = 0,400 m
Dit
: Vtiti A dan Vtitik B =…?
Solusi
:
= 1,80 x 105 V
= 0,900 x 105 V
b. Beda
potensial antara A dan B
Solusi:
VBA = VB- VA
= -9,00x104 V
|
100
|
PERTEMUAN KEENAM
A.
Kegiatan
awal ( 10 menit)
Guru
mengatur kondisi kelas.
Absensi
Menayakan
kesiapan siswa untuk memulai kegiatan pembelajaran
Apersepsi
dan motivasi :kita telah sama-sama pelajari tentang apa itu medan listrik pada
pertemuan ketiga“ tahukah anda hubungan antara medan listrik dan potensial
listrik.?
B.
Kegiatan
Inti (70 menit)
Eksplorasi
GURU
|
SISWA
|
Guru menulis indicator
pembelajaran dipapan tulis
Guru mencoba merifiu pemahaman
siswa dengan meminta siswa mendefenisikan pengertian potensial listrik dan
medan listrik berdasarkan konsep yang benar
Guru menjelaskan hubungan antara
potensial listrik dan kuat medan listrik pada konduktor dua keeping sejajar
Guru menulis persamaan potensial
listrik dan kuat medan listrik pada dua keeping sejajar
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya, mengenai materi yang disampaikan
Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa
(jika ada)
Guru membuat sebuah contoh untuk menghitung
potensial listrik dan kuat medan listrik pada konduktor dua keeping sejajar.
Guru dan siswa bersama-sama mengerjakan contoh
soal yang diberikan
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya, mengenai materi yang disampaikan
Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa
(jika ada)
Guru kembali menjelaskan hubungan antara potensial
listrik dan kuat medan listrik pada konduktor bola berongga.
Guru membuat sebua contoh soal untuk menghitung potensial
listrik dan kuat medan listrik pada konduktor bola berongga.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
mengerjakan soalnya didepan kelas
Guru dan siswa sama-sama mengoreksi pekerjaan
siswa
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya, mengenai materi yang disampaikan
Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa
(jika ada)
Guru menjelaskan hubungan anatar konduktor bola
berongga denga bidang ekipotensial.
Guru kembali menanyakan pemahaman siswa mengenai
materi yang diajarkan
Guru menjawab pertanyaan yang diberikan oleh siswa
(jika ada)
|
siswa menulis indicator yang ditulis oleh guru
siswa mendefenisikan pengertian potensial listrik
dan medan listrik, berdasarkan konsep yang benar
siswa menyimak dan menulis penjelasan guru
siswa menulis persamaan potensial listrik dan kuat
medan listrik pada dua keeping sejajar,
siswa mengajukan pertanyaan (jika ada)
siswa dan guru sama-sama mengerjakan contoh soal
yang diberikan
siswa memberikan pertanyaan(jika ada)
siswa menulis contoh soal yang diberikan oleh
guru.
Siswa mengerjakan contoh soal yang diberikan oleh
guru
Siswa dan guru sama-sama mengoreksi penyelesaian
soal yang dikerjakan siswa
Siswa bertanya (jika ada)
Siswa menyimak dan menulis penjelasan gurunya.
Siswa bertanya (jika ada pertanyaan)
|
Elaborasi
GURU
|
SISWA
|
Guru membiasakan siswa untuk rajin bertanya
Guru memfasilitasi siswa untuk menjawab pertanyaan
dan membiasakan untuk dapat menyampaikan gagasannya
|
Siswa diperbolehkan untuk bertanya
Siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan
gagasannya
|
Konfirmasi
GURU
|
SISWA
|
Guru menanyakan kepada siswa mengenai kepahaman
mereka terhadap materi yang diajarkan
|
Siswa memberikan pertanyaan
|
C.
Kegiatan
Akhir (20 menit)
GURU
|
SISWA
|
Guru menuntun siswa untuk memberikan kesimpulan mengenai
materi yang telah diajarkan
guru memberikan tugas(berupa tugas terstruktur)
kepada siswa
|
Siswa memberikan kesinpulan
Siswa menulis tugas
|
Ø Tugas
Mandiri Terstrektur Yang Diberikan
No
|
Soal
|
Penyelesaiannya
|
Skor
|
1
|
Gambar
dibawah ini menunjukan konduktor dua keeping sejajr yang dimuati oleh baterai
240 V dengan besar kuat medan listrik diantara keeping sebesar 6000 V/m.
Tentukan, beda potensial antara titik C yang
berjarak 2 cm dari B dengan titik B ..
|
Solusi:
Beda
potensial baterai VBA = 240 volt; dengan jarak AB, d= 4cm = 4 x10-2
m
Dengan
E = 6000 V/m
Maka
jarak B dengan titik B,
r=
2 cm = 2x10-2 m.
dengan
demikian beda potensial antara titik C dan B, VBC = E.r adalah jarak dari
keping negative
maka:
VBC = E.r
= 120 volt
|
100
|
PERTEMUAN KETUJUH
A.
Kegiatan
awal ( 10 menit)
Guru
mengatur kondisi kelas.
Absensi
Menanyakan
kesiapan siswa untuk memulai kegiatan pembelajaran
Apersepsi
dan motivasi :Menunjukan bentuk dari kapasitor. Pernahkah kalian melihat
komponen elektronika ini..? komponen ini dinamakan dengan kapasitor. Tahukah
anda apa itu kapasitor.?
B.
Kegiatan
Inti (70 menit)
Eksplorasi
GURU
|
SISWA
|
Guru menulis indicator
pembelajaran dipapan tulis
Guru mengarahkan siswa untuk dapat mendefenisikan
pengertian dari kapasitor, dengan mendemontrasikan tentang kapasitor kepada
siswa
Siswa diminta gagasan mereka untuk mendefenisikan
pengertian dari kapasitor
Guru merangkup gagasan siswa dalam medifenisikan
pengertian kapasitor dan membuat suatu pengertian kapasitor berdasarkan
konsep yang benar
Guru menjelaskan fungsi dari kapasitor
Guru menyebutkan jenis-jenis dari kapasitor
Guru menyebutkan susunan dari kapasitor
Guru menjelaskan tentang kapasitas kapasitor
Guru memformulasikan kapasitas kapasitor pada
keping sejajar
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya
Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa
(jika ada)
Guru membuat contoh soal untuk menghitung
kapasitas kapasitor, dengan menggunakan persamaan kapasitas kapasitor
Guru dan siswa bersama-sama mengerjakan soal
latihan yang diberikan
Guru menjelaskan tentang kapasitas ekivalen seri
Guru menulis persamaan untuk kapasitas ekivalen
seri
Guru membuat contoh soal latihan untuk dikerjakan
siswa mengenai kapasitas ekivalen seri
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
menyelesaikan soal latihan tersebut
Guru dan siswa bersama-sama mengoreksi
penyelesaian soal yang telah dibuat
Guru menanyakan kembali tentang pemahaman siswa
mengenai contoh soal yang diberikan
Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa
(jika ada)
|
siswa menulis indicator yang ditulis oleh guru
siswa memperhatikan demontrasi guru menggunakan
kapasitor
siswa medefenisikan pengertian kapasitor
berdasarkan gagasan mereka
siswa menulis penjelasan guru dalam mendefenisikan
pengertian kapasitor
siswa menyimak dan menulis penjelasan dari guru
siswa bertanya (jika ada)
siswa menulis contoh soal untuk dikerjakan
Siswa dan guru bersama-sama mengerjakan soal
latihan yang diberikan
Siswa menyimak dan menulis penjelasan dari guru
Siswa menulis persamaan dari kapasitas ekivalen
seri
Siswa menulis contoh soal latihan mengenai
kapasitas ekivalen seri
Siswa mengerjakan soal latihan didepan kelas
Siswa dan guru bersama-sama mengoreksi
penyelesaian soal yang telah dibuat
Siswa mengajukan pertanyaan(jika ada)
|
Elaborasi
GURU
|
SISWA
|
Guru membiasakan siswa untuk rajin bertanya
Guru memfasilitasi siswa untuk menjawab pertanyaan
dan membiasakan untuk dapat menyampaikan gagasannya
|
Siswa diperbolehkan untuk bertanya
Siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan
gagasannya
|
Konfirmasi
GURU
|
SISWA
|
Guru menanyakan kepada siswa mengenai kepahaman
mereka terhadap materi yang diajarkan
|
Siswa memberikan pertanyaan
|
C.
Kegiatan
Akhir (20 menit)
GURU
|
SISWA
|
Guru menuntun siswa untuk memberikan kesimpulan
mengenai materi yang telah diajarkan
guru memberikan tugas(berupa tugas terstruktur)
kepada siswa
|
Siswa memberikan kesinpulan
Siswa menulis tugas
|
Ø Tugas
Mandiri Terstrektur Yang Diberikan
No
|
Soal
|
Penyelesaiannya
|
Skor
|
1
2
|
Diantara
factor-faktor yang mempengaruhi nilai kapasitas suatu kapasitor keeping
sejajar ialah..
Perhatikan
gambar diatas. Besar C1= 30 µF, C2 = 15 µF dan C3= 10 µF. setealah ujung A
dan B dileapas dari sumber tegangan yang beda potensialnya 6V, maka besar
muatan pada C2 adalah…
|
Solusi:
Menggunakan
persamaan kapasitas kapasitor untuk melihatnya;
C
= =
Jadi
yang mempengaruhi nilai
kapasitas suatu kapasitor yaitu;
-
Luas keping
-
Jarak antara keeping
-
Permitivitas bahan/konstanta
-
dielektrik
solusi:
rangkaian
disusun seri maka
=
Maka:
CTotal = 5
µF
Dengan
besar muatan pada C2 adalah
Q2
= C2 x V2
= 90 µF
|
45
55
|
PERTEMUAN KEDELAPAN
A.
Kegiatan
awal ( 10 menit)
Guru
mengatur kondisi kelas.
Absensi
Menanyakan
kesiapan siswa untuk memulai kegiatan pembelajaran
Apersepsi
: guru mencoba merifiu kembali pemahaman siswa tentang kapasitor sebagaimana yang telah mereka
pelajari sebelumnya sebelum guru masuk pada pembelajaran inti.
dan
motivasi : kita telah pelajari tentang kapasitor dipertemuan sebelumnya tahukah
anda diantara lapisan kapasitor keeping terdapat lapisan yang dinamakan
dielektrikum. Apa itu dielektrikum ?bagaimana pengaruh dielektrikum terhadap
kapasitor ?,
B.
Kegiatan
Inti (70 menit)
Eksplorasi
GURU
|
SISWA
|
Guru menulis indicator
pembelajaran dipapan tulis
Guru kembali merifiu kembali pemahaman siswa
mengenai kapasitor dengan meminta siswa untuk medefenisikan pengertian dari
kapasitor, serta fungsi dan susunannya
Guru meminta siswa untuk menyebutkan formula dari
kapasitas ekivalen seri dan
Guru menjelaskan tentang kapasitas ekivalen
paralel
Guru menulis persamaan untuk menghitung kapasitas
ekivalen paralel
Guru membuat contoh soal latihan untuk menghitung
kapasitas ekivalen paralel
Guru dan siswa bersama-sama mengerjakan soal
tersebut
Guru kembali membuat soal untuk menghitung besar
kapasitas ekivalen untuk susunan campuran (seri dan paralel) untuk dikerjakan
oleh siswa
Guru mempersilahkan siswa untuk mengerjakan soal
latihan didepan
Guru dan siswa sama-sama mengoreksi soal latihan
yang telah dikerjakan
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya
Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa
(jika ada)
Guru menjelaskan tentang energi potensial
kapasitor
Guru menulis persamaan energi potensial pada
kapasitor
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya
Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa
(jika ada)
Guru membuat contoh soal latihan untuk menghitung
energi potensial pada kapasitor dengan menggunakan persamaan energi potensial
pada kapasitor
Guru dan siswa bersama-sama mengerjakan soal
tersebut
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya mengenai pemahaman mereka terhadap soal latihan tersebut
Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa
(jika ada)
Guru menjelaskan tentang dielektrikum
Guru menyebutkan jenis-jenis
bahan dielektrikum
Guru menjelaskan tentang kekuatan
dielektrikum
Guru menjelaskan pengaruh
dielektrikum terhadap kapasitas kapasitor
Guru menjelaskan tentang
kerusakan dielektrikum
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya
Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa
(jika ada)
|
siswa menulis indicator yang ditulis oleh guru
siswa menjawab pengertian dari kapasitor, susunan
serta fungsi dari kapasitor.
Siswa menyebutkan kapasitas ekivalen seri
Siswa menyimak dan menulis penjelasan dari guru
mengenai kapasitas ekivalen paralel
Siswa menulis persamaan untuk menghitung kapasitas
ekivalen paralel
Siswa menulsi contoh soal untuk menghitung
kapasitas ekivalen paralel
Siswa dan guru sama-sama menyelesaikan contoh soal
tersebut
Siswa menulis contoh soal yang sama untuk
dikerjakan oleh siswa
Siswa mengerjakan soal latiha kedua ini didepan
kelas
Siswa dan guru sama-sama mengoreksi pekerjaan soal
yang telah dikerjakan
Siswa bertanya(jika ada)
Siswa menyimak dan menulis penjelasan dari guru
Siswa bertanya (jika ada)
Siswa menulis contoh soal latihan
Siswa dan guru sama-sama mengerjakan soal latihan
tersebut
Siswa bertanya (jika ada)
Siswa menyimak dan menulis penjelasan dari guru
Siswa bertanya (jik ada)
|
Elaborasi
GURU
|
SISWA
|
Guru membiasakan siswa untuk rajin bertanya
Guru memfasilitasi siswa untuk menjawab pertanyaan
dan membiasakan untuk dapat menyampaikan gagasannya
|
Siswa diperbolehkan untuk bertanya
Siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan
gagasannya
|
Konfirmasi
GURU
|
SISWA
|
Guru menanyakan kepada siswa mengenai kepahaman
mereka terhadap materi yang diajarkan
|
Siswa memberikan pertanyaan
|
C.
Kegiatan
Akhir (20 menit)
GURU
|
SISWA
|
Guru menuntun siswa untuk memberikan kesimpulan
mengenai materi yang telah diajarkan
guru memberikan tugas(berupa tugas terstruktur)
kepada siswa
|
Siswa memberikan kesinpulan
Siswa menulis tugas
|
Ø Tugas
Mandiri Terstrektur Yang Diberikan
No
|
Soal
|
Penyelesaiannya
|
Skor
|
1
2
|
Kapasitor
5 diberi muatan dengan baterai 20 volt lalu diisolasi. Selanjutnya kapasitor
ini dihubungkan secara paralel dengan kapasitor 20 yang mula-mula tidak
bermuatan. Besar muatan akhir yang yang dimiliki oleh kapasitor 5 sekarang
adalah…
Tiga
buah kapasitor masing-masing 2 4 , 6 disusun parallel dan beda potensial 200 V
dihubungkan pada ujung-ujung penghantar. Hitunglah:
a. Kapasitas
ekivalen
b. Muatan
ekivalen
c. Muatan
dan beda potensial tiap kapasitor.
|
Solusi:
Muatan
Q1 = C1 . V = 5.20= 100 µC
C2
tidak bermuatan: Q2 = 0
Maka
penyelesaiannya:
Ctotal
= C1 + C2 = 5 + 20 = 25 µF
VTotal
= = = 4 V
Maka:
QAkhir = C1
x VTotal
= 20 µC
Solusi:
Dik
: C1 = 2 = 2 x 10-6 F
C2 = 4 = 4 x 10-6 F
C3 = 6 = 6 x 10-6 F
V = 200 V
Dit
: a. Cekivalen =…?
b. Qekivalen =…?
c. Q(1,2,3) dan V(1,2,3)
=…?
Solusi
:
a. Cp
= C1 + C2 + C3
= (2 + 4 + 6) . 10-6 F
= 12 . 10-6 F
b. QP
= Cp V
= 12 . 10-6 . 200
= 2400 . 10-6C
c. Qekivalen
Q1 = C1 . V =
400. 10-6 C
Q2 = C2 . V = 800. 10-6
C
Q3 = C3 . V = 1200. 10-6
C
Vekivalen
|
35
75
|
Penilaian
:
1.
Teknik
Penilaian : Tugas Individu
2.
Bentuk Instrumen : Penilaian terhadap keaktifan siswa dalam proses belajar
mengajar
(menjawab dan bertanya)
3.
Tes
Alat/bahan/sumber bahan :
1. Buku
Fisika yang Relevan,
2. media power point
3. Kapasitor
4. Spidol
5. Papan
Tulis
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar