Sabtu, 30 Maret 2013

RPP-Kistrik Statis SMA Kelas XII



Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran

Mata pelajaran          :           Fisika
Kelas/Semester           :           XII/1
Pertemuan ke                        :           1-8
Alokasi waktu            :           16 jampel
Standar Kompetensi :          Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
Kompetensi dasar     :           Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial
listrik, energy potensial listrik, serta penerapannya pada keping sejajar.
Indikator                   :
1.    Menjelaskan bagaimana muatan listrik dihasilkan
2.   Menjelaskan sifat-sifat dari muatan listrik
3.   Menjelaskan interaksi antara muatan-muatan listrik.
4.   Menjelaskan partikel yang ada didalam atom
5.   Membedakan bahan-bahan yang dapat dan tidak dapat menghantarkan arus listrik.

6.    Menyebutkan bunyi dari hukum coulomb
7.    Menggunakan persamaan hukum coulomb untuk menyelesaikan soal.
8.    Menyebutkan defenisi dari gaya listrik
9.    Menyebutkan sifat-sifat dari gaya listrik
10.  Menjelaskan hubungan tentang gaya listrik dengan besar muatan listrik
11.  Menghitung besar gaya listrik yang sebanding dengan besar muatan listrik masing-masing
12.  Menghitung besar gaya listrik yang berbanding terbalik dengan kuadrat jarak pisah antara kedua muatan listrik
13.  Menentukan resultan gaya coulomb
14.  Menjelaskan gaya coulomb dalam bahan.

15.  Menjelaskan pengertian medan listrik berdasarkan konsep yang benar.
16.  Menjelaskan fungsi dari muatan uji, pada medan listrik
17.  Menjelaskan fungsi dari muatan titik pada medan listrik
18.  Menjelaskan fungsi dari muatan sumber pada medan listrik
19.  Menjelaskan tentang kuat medan listrik
20.  Menjelaskan tentang arah kuat medan listrik pada suatu titik
21.  Menjelaskan tentang garis-garis medan listrik
22.  Menjelaskan konsep fluks listrik
23.  Menyebutkan bunyi hukum gauss.
24.  Menghitung kuat medan listrik untuk konduktor dua keeping sejajar dengan menggunakan persamaan hukum gauss.
25.  Menghitung kuat medan listrik untuk konduktor bola berongga dengan menggunakan persamaan hukum gauss.
26.  Menjelaskan hubungan antara medan listrik dan medan magnet.

27.     Menjelaskan pengertian potensial listrik
28.     Menjelaskan pengertian energy potensial listrik.
29.     Menggunakan persamaan potensial listrik dalam meyelesaikan soal
30.     Memformulasikan energy potensial listrik
31.     Menjelaskan tentang beda potensial listrik.
32.     Menghitung beda potensial listrik
33.     Menjelaskan hubungan antara potensial listrik dan medan listrik.
34.    Menjelaskan hubungan antara potensial listrik dan kuat medan listrik pada konduktor dua keping sejajar.
35.  Menghitung potensial listrik dan kuat medan listrik pada konduktor dua keping sejajar.
36.  Menjelaskan hubungan antara potensial listrik dan kuat medan listrik pada konduktor bola berongga.
37.  Menghitung potensial listrik dan kuat medan listrik pada konduktor bola berongga
38.  Menjelaskan hubungan antara konduktor bola berongga dengan bidang ekipotensial.

39.  Menjelaskan pengertian kapasitor
40.  Menjelaskan fungsi kapasitor
41.  Menyebutkan jenis-jenis kapasitor
42.  Menjelaskan susunan dari kapasitor
43.  Menjelaskan tentang kapasitas kapasitor
44.  Mengformulasikan kapasitas kapasitor keping sejajar
45.  Menggunakan persamaan kapasitas kapasitor dalam menyelasaikan soal
46.  Menjelaskan tentang kapasitas ekivalen seri
47.  Menghitung kapasitas ekivalen untuk susunan seri
48.  Menjelaskan tentang kapasitas ekivalen paralel
49.  Menghitung kapasitas ekivalen untuk susunan parallel
50.  Menghitung besarnya kapasitas ekivalen untuk susunan gabungan (seri dan parallel).
51.  Mengunakan persamaan energy potensial pada kapasitor untuk menyelesaikan soal.
52.  Menjelaskan tentang dielektrikum
53.  Menyebutkan jenis-jenis bahan dielektrikum
54.  Menjelaskan tentang kekuatan dielektrikum
55.  Menjelaskan pengaruh dielektrikum terhadap kapasitas kapasitor
56.  Menjelaskan tentang kerusakan dielektrikum

Tujuan pembelajaran   :    
1.      Siswa dapat menjelaskan bagaimana muatan listrik dihasilkan secara tepat, melalui metode ceramah berfariasi
2.      Siswa dapat menjelaskan sifat-sifat dari muatan listrik dengan benar. melalui metode ceramah berfariasi
3.      Siswa dapat menjelaskan interaksi dari muatan listrik dengan benar. melalui metode ceramah berfariasi
4.      Siswa dapat menjelaskan partikel-partikel yang terdapat dalam atom,melalui metode ceramah berfariasi
5.      Siswa dapat membedakan bahan-bahan yang dapat dan tidak menghantarkan arus listrik secara tepat,melalui metode ceramah berfariasi

6.      Siswa dapat menyebutkan bunyi dari hukum dengan benar, melalui metode ceramah berfariasi
7.      Siswa dapat mengunakan persamaan hukum coulomb dengat tepat dalam menyelesaikan soal
8.      Siswa dapat menyebutkan defenisi dari gaya listrik, dengan benar
9.      Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat dari gaya listrik
10.  Siswa dapat menjelaskan hubungan antara gaya listrik dengan besar muatan listrik, dengan baik
11.  Siswa dapat menghitung besar gaya listrik yang sebanding dengan besar muatan listrik masing-masing, dengan benar
12.  Siswa dapat menghitung besar gaya listrik yang berbanding terbalik dengan kuadrat jarak pisah antara kedua muatan listrik.
13.  Siswa dapat menentukan resultan gaya coulomb, dengan benar
14.  Siswa dapat menjelaskan gaya coulomb dalam bahan

15.  Siswa dapat menyebutkan pengertian medan listrik berdasarkan konsep yang benar, melalui ceramah berfariasi
16.  Siswa dapat menyebutkan fungsi dari muatan uji, pada medan listrik dengan tepat, melalui ceramah berfariasi
17.  Siswa dapat menyebutkan fungsi dari muatan titik pada medan listrik dengan tepat, melalui ceramah berfariasi
18.  Siswa dapat menyebutkan fungsi dari muatan sumber pada medan listrik dengan tepat, melalui ceramah berfariasi
19.  Siswa dapat menjelaskan tentang kuat medan listrik, dengan benar, melalui ceramah berfariasi
20.  Siswa dapat menentukan arah kuat medan listrik pada suatu titik, dengan benar, melalui ceramah berfariasi
21.  Siswa dapat menjelaskan tentang garis-garis medan listrik, melalui ceramah berfariasi
22.  Siswa dapat menjelaskan konsep fluks listrik dengan benar, melalui ceramah berfariasi
23.  Siswa dapat menyebutkan fungsi dari hukum gauss dengan benar, melalui ceramah berfariasi
24.  Siswa dapat menggunakan persamaan hukum gauss dalam menghitung kuat medan listrik untuk konduktor dua keeping sejajar dengan benar, melalui metode ceramah berfariasi
25.  Siswa dapat menggunakan persamaan hukum gauss dalam menghitung kuat medan listrik untuk konduktor bola berongga, melalui metode ceramah berfariasi
26.  Siswa dapat menjelaskan hubungan antara medan listrik dan medan magnet, dengan benar melaui metode ceramah berfariasi.

27.  Siswa dapat menyebutkan pengertian potensial listrik dengan benar, melalui metode ceramah berfariasi
28.  Siswa dapat menyebutkan pengertian energi potensial listrik dengan benar, melalui metode ceramah berfariasi
29.  Siswa dapat menggunakan persamaan potensial listrik dengan benar dalam menyelesaikan soal, melalui metode ceramah berfariasi
30.  Siswa dapat memformulasikan energi potensial listrik, dengan benar, melalui metode ceramah berfariasi
31.  Siswa dapat menyebutkan tentang beda potensial listrik dengan benar, melalui metode ceramah berfariasi
32.  Siswa dapat menggunakan persamaan beda potensial listrik untuk menghitung beda potensial listrik dengan benar, melalui metode ceramah berfariasi
33.  Siswa dapat menjelaskan hubungan antara potensial listrik dan medan listrik, dengan benar melalui metode ceramah berfariasi
34.  Siswa dapat menjelaskan hubungan antara potensial listrik dan kuat medan listrik pada konduktor dua keping sejajar dengan benar, melalui metode ceramah berfariasi
35.  Siswa dapat menghitung potensial listrik dan kuat medan listrik pada konduktor dua keping sejajar, dengan baik melalui metode ceramah berfariasi
36.  Siswa dapat menjelaskan hubungan antara potensial listrik dan kuat medan listrik pada konduktor bola berongga dengan benar, melalui metode ceramah berfariasi
37.  Siswa dapat menghitung potensial listrik dan kuat medan listrik pada konduktor bola berongga, dengan baik, melalui metode ceramah berfariasi
38.  Siswa dapat menjelaskan hubungan antara konduktor bola berongga dengan bidang ekipotensial, dengan benar, melalui metode caramah berfariasi

39.  Siswa dapat menyebutkan pengertian kapasitor dengan benar, melalui metode demonstrasi
40.  Siswa dapat menjelaskan fungsi kapasitor dengan benar, melalui metode demontrasi
41.  Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis kapasitor dengan benar, melalui metode demontrasi
42.  Siswa dapat menyebutkan susunan kapasitor dengan tepat, melalui metode demontrasi
43.  Siswa dapat meyebutkan pengertian kapasitas kapasitor, dengan benar melalui metode demontrasi
44.  Siswa dapat memformulasikan kapasitas kapasitor keeping sejajar dengan benar, melalui metode demontrasi
45.  Siswa dapat menggunakan persamaan kapasitas kapasitor dalam menyelesaikan soal dengan benar, melalui metode demontrasi
46.  Siswa dapat menyebutkan pengertian kapasitas ekivalen seri dengan benar, melalui metode demontrasi
47.  Siswa dapat menggunakan persamaan kapasitas ekivalen seri dalam menyelesaikan soal, dengan benar melalui metode demontrasi
48.  Siswa dapat menyebutkan tentang pengertian kapasitas ekivalen paralel dengan benar, melalui metode demonstrasi
49.  Siswa dapat menggunakan persamaan kapasitas ekivalen paralel dalam menyelesaikan soal dengan benar, melalui metode demontrasi
50.  Siswa dapat menghitung besarnya kapasitas ekivalen susunan gabungan dengan benar, melalui metode demontrasi
51.  Siswa dapat menggunakan persamaan energi potensial pada konduktor dalam menyelesaikan soal dengan benar, melalui metode demontrasi
52.  Siswa menyebutkan pengertian dielektriku dengan benar melalui metode demonstrasi
53.  Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis bahan dielektrikum dengan benar melalui metode demonstrasi
54.  Siswa dapat menjelaskan tentang kekuatan dielektrikum, dengan benar melalui metode demontrasi
55.  Siswa dapat menjelaskan tentang pengaruh dielektrikum terhadap kapasitas kapasitor, dengan benar melalui metode demontrasi
56.  Siswa dapat menjelaskan tentang kerusakan dielektrikum, dengan benar melalui metode demontrasi


Materi Pembelajarn  :          
1.      Muatan Listrik
2.      Hukum Coulomb
3.      Medan Listrik
4.      Potensial Listrik
5.      Kapasitor




Metode Pembelajaran :
1.    Ceramah berfariasi dibantu media power point
2.    Diskusi
3.    Metode demontrasi

Kegiatan pembelajaran :
Langkah-langkah ;


PERTEMUAN PERTAMA

A.    Kegiatan awal ( 10 menit)

*      Menyiapkan mengatur kondisi ruang kelas
*      Absensi
*      Menayakan kesiapan siswa untuk memulai kegiatan pembelajaran
*      Aprespsi berupa “ menanyakanjenis-jenis muatan, dan bagaimana proses interaksinya yang sejenis dan tidak sejenis dan memberi contoh atau ilustrasi ibarat perempuan dan perempuan, laki-laki dan laki-laki, perempuan dan laki-laki”
*      Motivasi : memaparkan muatan-muatan listrik yang meskipun mempunyai ukuran kecil tapi memiliki peranan yang besar dalam dunia kelistrikan.
*      Guru menyampaikan SK dan KD kepada siswa, lewat media power point


B.     Kegiatan inti ( 60 menit)

Eksplorasi
GURU
SISWA
*      Guru menulis Indikator pembelajaran
*      Guru menyiapkan power point yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran
*      Guru menanyakan kepada siswa tentang muatan-muatan listrik yang diketahui oleh siswa
*      Guru memberikan siswa kesempatan kepada siswa untuk menyebutkan pengertian muatan listrik menurut pendapat mereka
*      Guru meluruskan jawaban siswa sekaligus menyebutkan pengertian muatan listrik berdasarkan konsep yang benar
*      Guru menjelaskan bagaimana muatan listrik dihasilkan melalui power point
*      Guru menunjukan bagaimana proses interaksi antara muatan listrik dalam bentuk animasi
*      Guru menjelaskan proses interaksi antara muatan listrik, melalui power point
*      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
*      Guru menjelaskan sifat-sifat dari muatan listrik
*      Guru menjelaskan partikel yang ada dalam atom
*      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
*      Guru membantu membuka pemahaman siswa agar siswa dapat membedakan bahan-bahan yang dapat dan tidak dapat menghantarkan arus listrik
*      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pemahaman mereka mengenai bahan-bahan yang dapat dan tidak dapat menghantarkan arus listrik, berdasarkan pemahaman yang telah diberikan oleh guru
*      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya

*      Siwa menulis
*      Siswa mulai memperhatikan
*      Siswa befikir dan kemudian menjawab pertanyaan guru
*      Siswa berfikir dan kemudian menjawab pertanyaan guru
*      Siswa mencatat pengertian muatan lsitrik
*      Siswa memperhatikan proses interaksi yang ditunjukan guru
*      Siswa menyimak dan  mencatat penjelasan guru
*      Siswa bertanya
*      Siswa menyimak dan mencatat penjelasan guru
*      Siswa menyimak dan mencatat penjelasan guru
*      Siswa bertanya (jika ada)
*      Siswa memberikan pemahaman mereka mengenai bahan-bahan yang dapat dan tidak dapat menghantarkan arus listrik
*      Siswa bertanya (jika ada)

Elaborasi
GURU
SISWA
*        Guru membiasakan siswa untuk rajin bertanya
*        Guru memfasilitasi siswa untuk menjawab pertanyaan dan membiasakan untuk dapat menyampaikan gagasannya

*      Siswa diperbolehkan untuk bertanya
*      Siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan gagasannya



Konfirmasi
GURU
SISWA
*      Guru menanyakan kepada siswa mengenai kepahaman mereka terhadap materi yang diajarkan
*      Siswa memberikan pertanyaan


C.    Kegiatan Akhir (20 menit)
GURU
SISWA
*      Guru menuntun siswa untuk memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah diajarkan
*      guru memberikan tugas(berupa tugas terstruktur) kepada siswa
*      Siswa memberikan kesinpulan
*      Siswa menulis tugas


Ø  Tugas Mandiri Terstrektur Yang Diberikan
No
Soal
Penyelesaiannya
Skor
1















2
Jenis muatan apakah yang akan dihasilkan oleh balon ketika digosokan dengan kain wol ? Jelaskan mengapa demikian ?











Jenis muatan apakah yang akan dihasilkan oleh  plastic ketika digosok dengan kain wol ? Jelaskan mengapa demikian ?









Jenis muatan yang akan dihasilkan oleh balon adalah muatan negative sedangkan untuk kain wol sendiri bermuatan postif.  Karena, sebelum balon digosok dengan kain wol, baik balon maupun kain keduanya dalam posisi netral, setelah balon digosok dengan kain wol maka sejumlah electron pada kain wol berpindah kepada balon sehingga balon memiliki atau mengandung banyak muatan negative, karena jumlah elektronnya lebih banyak dari jumlah protonya. Sedangkan kain wol, bermuatan positif karena jumlah protonnya lebih banyak dari jumlah elektronnya.


Jenis muatan yang akan dihasilkan oleh plastik adalah muatan negative sedangkan untuk kain wol sendiri bermuatan postif.  Karena, sebelum plastic digosok dengan kain wol, baik plastic maupun kain keduanya dalam posisi netral, setelah plastic digosok dengan kain wol maka sejumlah electron pada kain wol berpindah kepada plastic sehingga plastic memiliki atau mengandung banyak muatan negative, karena jumlah elektronnya lebih banyak dari jumlah protonya. Sedangkan kain wol, bermuatan positif karena jumlah protonnya lebih banyak dari jumlah elektronnya.





50
















50




PERTEMUAN KEDUA


A.    Kegiatan awal ( 10 menit)

*   Guru mengatur kondisi kelas.
*   Absensi
*   Menayakan kesiapan siswa untuk memulai kegiatan pembelajaran
*   Apersepsi :menanyakan materi yang telah diajakan minggu yang lalu, bagaimana interaksi muatannya, dan bagaimana jika muatan yang diberikan besar pada positif n negative dan kecil
*   Motivasi :Sudah tahu jenis- jenis muatan listrik ?
Apa yang akan terjadi jika muatan yang sejenis ataupun tidak sejenis kita dekatkan ?
*   Guru menyampaikan SK dan KD kepada siswa

B.  Kegiatan Inti (60 mrnit)

Eksplorasi
GURU
SISWA
*      Guru menulis indicator pembelajaran
*      Guru mengarahkan siswa untuk dapat menyebutkan bunyi dari hukum coulomb
*      Guru memperjelas penjelasan siswa dalam menyebutkan bunyi dari hokum coulomb
*      Guru menyebutkan defenisi dari gaya listrik
*      Guru menyebutkan sifat-sifat dari gaya listrik
*      Guru menjelaskan hubungan tentang gaya listrik dengan besar muatan listrik
*      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
*      Guru membuat sebuah contoh untuk dikerjakan oleh guru mengenai besar gaya listrik yang sebanding dengan besar muatan listrik masing-masing
*      Guru membuat sebuah contoh untuk dikerjakan oleh guru mengenai besar gaya listrik yang berbanding terbalik dengan kuadrat jarak pisah antara kedua muatan listrik
*      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai contoh soal yang dibuat
*      Guru membuat sebuah contoh untuk dikerjakan oleh siswa mengenai besar gaya listrik yang sebanding denganbesar muatan listrik masing-masing, dan mengenai besar gaya listrik yang berbanding terbalik dengan kuadrat jarak pisah antara kedua muatan listrik
*      Guru memperhatikan pekerjaan siswa didepan
*      Guru membuat contoh untuk menentukan resultan gaya coulomb
*      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai contoh soal yang dibuat
*      Guru menjawab pertanyaan siswa (jika ada)
*      Guru menjelaskan tentang gaya coulomb dalam bahan
*      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai contoh soal yang dibuat
*      Guru menjawab pertanyaan siswa (jika ada)
*      Siswa menulis
*      Siswa menyimak dan mencatat penjelasan guru
*      Siswa menyebutkan bunyi hukum coulomb berdasarkan pemahaman mereka
*      Siswa menyimak dan mencatat penjelasan guru
*      Siswa menyimak dan mencatat penjelasan guru
*      Siswa menyimak dan mencatat penjelasan guru
*      Siswa bertanya (jika ada)
*      Siswa memperhatikan pekerjaan guru
*      Siswa bertanya (jika ada)
*      Siswa mengerjakan contoh tersebut didepan kelas
*      Siswa  memperhatikan pekerjaan guru
*      Siswa bertanya(jika ada)
*      Siswa menyimak dan mencatat penjelasan guru
*      Siswa bertanya(jika ada)


Elaborasi
GURU
SISWA
*        Guru membiasakan siswa untuk rajin bertanya
*        Guru memfasilitasi siswa untuk menjawab pertanyaan dan membiasakan untuk dapat menyampaikan gagasannya
*      Siswa diperbolehkan untuk bertanya
*      Siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan gagasannya
Konfirmasi
GURU
SISWA
*      Guru menanyakan kepada siswa mengenai kepahaman mereka terhadap materi yang diajarkan
*      Siswa memberikan pertanyaan

C.    Kegiatan Akhir (20 menit)
GURU
SISWA
*      Guru menuntun siswa untuk memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah diajarkan
*      guru memberikan tugas(berupa tugas terstruktur) kepada siswa
*      Siswa memberikan kesinpulan
*      Siswa menulis tugas


Ø  Tugas Mandiri Terstrektur Yang Diberikan
No
Soal
Penyelesaiannya
Skor
1













2
Dua buah muatan masing-masing 5 C dan 4 C berjarak 3 m satu sama lain. Jika diketahui k = 9 x109 Nm2/C2, maka besar gaya coulomb yang dialami kedua muatan adalah…







Misalkan ada dua muatan listrik, masing-masing bermuatan listrik +Q coulomb dan terpisah sejauh d, mengalami gaya listrik tolak-menolak sebesar F( lihat gambar dibawah ini). Berapa besar gaya listrik jika muatan listrik masing-masing menjadi +2Q dan +Q ?

 










Gunakan rumus gaya coulomb:

F =

Diketahui:
            k   = 9 x109 Nm2/C2,
q1 dan q2  = 5 C dan 4 C
r     = 3 m

Jawabannya = 60x109 N



Gunakan persamaan gaya coulomb untuk membantu menyelesaikan soal;

Solusi:
Karena gaya listrik sebanding dengan besar masing-masing muatan listrik, maka besar gaya listrik sekaranf F’ menjadi


F’ =  x F = 2F

gambarnya





Text Box:  2 F


Text Box: 2F

Text Box: dText Box: QText Box: Q














40















60




PERTEMUAN KETIGA


A.    Kegiatan awal ( 10 menit)

*   Guru mengatur kondisi kelas.
*   Absensi
*   Menayakan kesiapan siswa untuk memulai kegiatan pembelajaran
*   Apersepsi dan motivasi : “ anda telah pelajari tentang bagaimana muatan yang sejenis ketemu dan sebaliknya.! Apakah muatan sumber dan muatan ujipun ketika mengalami peristiwa yang sama akan terjadi hal yang sama pula?

B.     Kegiatan Inti (60 menit)

Eksplorasi
GURU
SISWA
*        Guru menulis indicator pembelajaran dipapan tulis
*        Guru menyiapkan power point yang akan digunakan dalam pertuman ketiga ini
*        Guru memberikan penjelasan tentang pengertian medan listrik berdasarkan konsep yang benar. Dengan menggunakan power pont
*        Guru menjelaskan tentang muatan uji, dan muatan sumber, dengan menggunakan power point
*        Guru memperlihatkan animasi terkait muatan uji dan muatan sumber melalui media power point.
*        Guru menyebutkan fungsi dari muatan uji, dan muatan sumber pada medan listrik, melalui power point
*        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
*        Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa (jika ada)
*        Guru menjelaskan tentang pengertian kuat medan listrik, dengan menggunakan power point
*        Guru menjelaskan tentang arah kuat medan listrik pada suatu titik, dengan power point
*        Guru menjelaskan tentang garis-garis medan listrik dengan power point
*        Guru menjelaskan tentang konsep fluks listrik dengan power point
*        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, mengenai materi yang disampaikan
*        Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa (jika ada)
*      Siswa menulis indicator yang ditulis oleh guru
*      Siswa menulis penjelasan guru mengenai pengertian medan listrik
*      Siswa  menyimak dan menulis penjelsan guru
*      Siwa memperhatikan bentuk animasi dari muatan uji dan muatan sumber yang diperlihatkan oleh guru melalui power point
*      Siswa bertanya(jika ada)
*      Siswa menyimak dan menulis penjelasan guru
*      Siswa bertanya(jika ada)
*      Siswa menyimak dan menulis penjelasan guru mengenai fluks listrik
*      Siswa bertanya (jika ada)

Elaaborasi
GURU
SISWA
*        Guru membiasakan siswa untuk rajin bertanya
*        Guru memfasilitasi siswa untuk menjawab pertanyaan dan membiasakan untuk dapat menyampaikan gagasannya

*      Siswa diperbolehkan untuk bertanya
*      Siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan gagasannya




Konfirmasi
GURU
SISWA
*      Guru menanyakan kepada siswa mengenai kepahaman mereka terhadap materi yang diajarkan
*      Siswa memberikan pertanyaan

C.    Kegiatan Akhir (20 menit)
GURU
SISWA
*      Guru menuntun siswa untuk memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah diajarkan
*      guru memberikan tugas(berupa tugas terstruktur) kepada siswa
*      Siswa memberikan kesinpulan
*      Siswa menulis tugas



Ø  Tugas Mandiri Terstrektur Yang Diberikan
No
Soal
Penyelesaiannya
Skor




1
Jarak antara muatan A dan B adalah 4m. titik C berada diantara kedua muatan berjarak 1 m dari A. jika QA = -300 µC, QB= 600 µC, jika:  = 9x109 Nm2C-2. Maka besar kuat medan ditik C pengaruh dari kedua muatan adalah… N/C.

Solusi:
Dititik C terdapat muatan uji (+)


 





Medan listrik di titik C
EC = ECA + ECB =  +

Jawabannya = EC= 33x105 N/C





100











PERTEMUAN KEEMPAT


A.      Kegiatan awal ( 10 menit)

*   Guru mengatur kondisi kelas.
*   Absensi
*   Menayakan kesiapan siswa untuk memulai kegiatan pembelajaran
*   Apersepsi dan motivasi : “ Dipertemuan ketiga anda telah mempelajari tentang fluks listrik dan garis-garis medan listrik.! Apa yang terjadi jika garis-garis medan listrik menembus suatu permukaan tertutup. Hukum apakah yang menjelaskan peristiwa itu.?


B.     Kegiatan Inti (70 menit)

Eksplorasi
GURU
SISWA
*        Guru menulis indicator pembelajaran dipapan tulis
*        Guru menyiapkan power point yang akan digunakan dalam pertuman keempat ini
*        Guru mencoba merifiu ulang pemahaman siswa mengenai garis-garis medan listrik dan fluks listrik, dengan memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai materi tersebut.
*        Guru mengarahkan siswa untuk dapat menjawab pertanyaan yang diberikan, dengan memberikan sedikit gambaran mengenai garis-garis medan listrik dan fluks listrik
*        Guru menanyakan kepahaman siswa mengenai garis-garis medan listrik dan fluks listrik
*        Guru menunjukan gambar garis-garis medan listrik yang menembus suatu permukaan tertutup
*        Guru melanjutkan proses pembelajaran dengan menyebutkan bunyi hukum gauss. dengan power point
*        Guru menampilkan Sebuah contoh yang akan dikerjakan oleh guru untuk menghitung kuat medan listrik untuk konduktor dua keeping sejajar dengan menggunakan persamaan hukum gauss. Dalam power point
*        Guru mengerjakan contoh soal tersebut dipapan tulis
*        Guru membuat sebuah contoh yang akan dikerjakan oleh guru yaitu menghitung kuat medan listrik untuk konduktor bola berongga dengan menggunakan persamaan hukum gauss. Dalam power point
*        Guru mengerjakan contoh soal tersebut dipapan tulis
*        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, mengenai materi yang disampaikan
*        Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa (jika ada)
*        Guru melanjutkan pembelajarannya dengan menampilkan Sebuah contoh yang akan dikerjakan oleh siswa dimana contohnya untuk menghitung kuat medan listrik untuk konduktor dua keeping sejajar dengan menggunakan persamaan hukum gauss serta menghitung kuat medan listrik untuk konduktor bola berongga dengan menggunakan persamaan hukum gauss.. Ditampilkan dalam power point
*        Guru berjalan melihat hasil pekerjaan siswa
*        Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan soalnya didepan kelas
*        Guru megoreksi pekerjaan siswa, didepan kelas
*        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, mengenai materi yang disampaikan
*        Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa (jika ada)
*        Guru melanjutkan proses pembelajaran dengan menjelaskan hubungan antara medan listrik dan medan magnet. Dengan menggunakan power point
*      Siswa menulis indicator yang ditulis oleh guru
*      Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai materi yang dipelajari pada pertemuan ketiga,
*      Siswa menjawab kepahaman mereka
*      Siswa menyimak serta mengambarkan garis-garis medan tersebut
*      Siswa menulis bunyi hukum gauss
*      Siswa menulis contoh soal yang ditampilkan oleh guru pada power point
*      Siswa melihat pekerjaan guru dalam menyelesaikan soal latihan tersebut
*      Siswa bertanya (jika ada)
*      Siswa menulis contoh soal berikutnya yang akan dikerjakan oleh siswa
*      Siswa mengerjakan soalnya didepan kelas
*      Siswa meberikan pertanyaan (jika ada)
*      Siswa menyimak dan menulis penjelsan guru


Elaborasi
GURU
SISWA
*        Guru membiasakan siswa untuk rajin bertanya
*        Guru memfasilitasi siswa untuk menjawab pertanyaan dan membiasakan untuk dapat menyampaikan gagasannya

*      Siswa diperbolehkan untuk bertanya
*      Siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan gagasannya





Konfirmasi
GURU
SISWA
*      Guru menanyakan kepada siswa mengenai kepahaman mereka terhadap materi yang diajarkan
*      Siswa memberikan pertanyaan

C.      Kegiatan Akhir (20 menit)
GURU
SISWA
*      Guru menuntun siswa untuk memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah diajarkan
*      guru memberikan tugas(berupa tugas terstruktur) kepada siswa
*      Siswa memberikan kesinpulan
*      Siswa menulis tugas

Ø  Tugas Mandiri Terstrektur Yang Diberikan
No
Soal
Penyelesaiannya
Skor
1
Dua keeping logam yang sejajar dengan jarak 0,5 cm satu dari yang lain diberi muatan listrik yang berlawanan (ligat gambar), hingga beda potensial 1010 volt. Bila muatan elektrin adalah 1,6x10-19 C, maka besar dan arah gaya coulomb pada sebuah electron yang ada diantara kedua keeping adalah..


 






Solusi :
Gaya coulomb akibat medan listrik adalah.,

F= q . E              F = q.

F = 3,2 x 10 -7 N, dengan arah keatas








100








PERTEMUAN KELIMA


A.    Kegiatan awal ( 10 menit)

*   Guru mengatur kondisi kelas.
*   Absensi
*   Menayakan kesiapan siswa untuk memulai kegiatan pembelajaran
*   Apersepsi : guru mencoba untuk merifiu pemahaman siswa tentan materi medan listrik dengan memberikan beberapa pertanyaan yang membuat siswa memngingat tentang medan listrik
*   Motivasi : kita telah sama-sama pelajari tentang apa itu medan listrik pada pertemuan ketiga“ tahukah anda hubungan antara medan listrik dan potensial listrik.?

B.     Kegiatan Inti (70 menit)

Eksplorasi
GURU
SISWA
*        Guru menulis indicator dipapan tulis
*        Guru memberikan penjelasan tentang potensial listrik
*        Guru memberikan penjelasan tentang energi pitensial listrik
*        Guru menulis persamaan potensial listrik
*        Guru membuat contoh soal dengan menggunakan persamaan potensial listrik untuk menyelesaikannya
*        Guru menyelesaikan contoh soal
*        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
*        Guru menjawab pertanyaan dari siswa(jika ada)
*        Guru membuat sebuah contoh soal dengan menggunakan rumus yang sama dalam penyelesaian soal mengenai potensia listrik
*        Guru berjalan mengecek pekerjaan siswa dalam menyelesaikan soal yang diberikan
*        Guru memberikesempatan kepada siswa untuk mengerjakan soalnya didepan kelas
*        Guru mengoreksi pekerjaan siswa dan dengan siswa sama-sama memperbaiki kesalahan penyelesaiannya.
*        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
*        Guru menjawab pertanyaan dari siswa(jika ada)
*        Guru memformulasikan energi potensial listrik
*        Guru menjelaskan tentang beda potensial listrik
*        Guru menulis persamaan beda potensial listrik
*        Guru membuat contoh soal untuk menghitung beda potensial listrik dengan menggunakan persamaan beda potensial dalam menyelesaikannya.
*        Guru dan siswa besama-sama menyelesaikan soal tersebut
*        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
*        Guru menjawab pertanyaan dari siswa(jika ada)
*      Siswa menulis indicator yang ditulis oleh guru
*      Siswa menyimak dan menulis penjelasan guru
*      Siswa menulis persamaan potensial listrik yang ditulis oleh guru dipapan tulis
*      Siswa menulis contoh soal ynag diberikan oleh guru
*      Siswa melihat pekerjaan guru dalam menyelesaikan soal
*      Siswa bertanya(jika ada)
*      Siswa menulis contoh soal berikutnya yang akan dikerjakan oleh siswa
*      Siswa mengerjakan soalnya didepan kelas
*      Siswa bertanya (jika ada)
*      Siswa menulis formulasi energi potensial listrik yang ditulis oleh guru
*      Siswa menyimak dan menulis penjelasan guru
*      Siswa menulis contoh soal yang ditulis guru
*      Siswa dan guru bersama-sama menyelesaikan soal
*      Siswa bertanya (jika ada)
Elaborasi
GURU
SISWA
*        Guru membiasakan siswa untuk rajin bertanya
*        Guru memfasilitasi siswa untuk menjawab pertanyaan dan membiasakan untuk dapat menyampaikan gagasannya

*      Siswa diperbolehkan untuk bertanya
*      Siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan gagasannya

Konfirmasi
GURU
SISWA
*      Guru menanyakan kepada siswa mengenai kepahaman mereka terhadap materi yang diajarkan
*      Siswa memberikan pertanyaan


C.    Kegiatan Akhir (20 menit)

GURU
SISWA
*      Guru menuntun siswa untuk memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah diajarkan
*      guru memberikan tugas(berupa tugas terstruktur) kepada siswa
*      Siswa memberikan kesinpulan
*      Siswa menulis tugas

Ø  Tugas Mandiri Terstrektur Yang Diberikan
No
Soal
Penyelesaiannya
Skor




1
Sebuah bola dimuati +4,00 x 10-6 C. Hitunglah:
a.     potensial listrik pada titik yang berjarak 0,200 m dari muatan ( beri label titk A) dan titik yang berjarak 0,400 m dari muatan (beri label titik B) !
b.     Beda potensial antara A dan B


Solusi:
a.       . potensial listrik
Dik : q = +4,00 x 10-6 C
         rA = 0,200 m
         rB = 0,400 m
Dit : Vtiti A dan Vtitik B =…?
Solusi :
               =  1,80 x 105 V       
                                      
                = 0,900 x 105 V

b.      Beda potensial antara A dan B
Solusi:
VBA = VB- VA
= -9,00x104 V











100





PERTEMUAN KEENAM

A.      Kegiatan awal ( 10 menit)

*   Guru mengatur kondisi kelas.
*   Absensi
*   Menayakan kesiapan siswa untuk memulai kegiatan pembelajaran
*   Apersepsi dan motivasi :kita telah sama-sama pelajari tentang apa itu medan listrik pada pertemuan ketiga“ tahukah anda hubungan antara medan listrik dan potensial listrik.?

B.     Kegiatan Inti (70 menit)

Eksplorasi
GURU
SISWA
*        Guru menulis indicator pembelajaran dipapan tulis
*        Guru mencoba merifiu pemahaman siswa dengan meminta siswa mendefenisikan pengertian potensial listrik dan medan listrik berdasarkan konsep yang benar
*        Guru menjelaskan hubungan antara potensial listrik dan kuat medan listrik pada konduktor dua keeping sejajar
*        Guru menulis persamaan potensial listrik dan kuat medan listrik pada dua keeping sejajar
*        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, mengenai materi yang disampaikan
*        Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa (jika ada)
*        Guru membuat sebuah contoh untuk menghitung potensial listrik dan kuat medan listrik pada konduktor dua keeping sejajar.
*        Guru dan siswa bersama-sama mengerjakan contoh soal yang diberikan
*        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, mengenai materi yang disampaikan
*        Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa (jika ada)
*        Guru kembali menjelaskan hubungan antara potensial listrik dan kuat medan listrik pada konduktor bola berongga.
*        Guru membuat sebua contoh soal untuk menghitung potensial listrik dan kuat medan listrik pada konduktor bola berongga.
*        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan soalnya didepan kelas
*        Guru dan siswa sama-sama mengoreksi pekerjaan siswa
*        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, mengenai materi yang disampaikan
*        Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa (jika ada)
*        Guru menjelaskan hubungan anatar konduktor bola berongga denga bidang ekipotensial.
*        Guru kembali menanyakan pemahaman siswa mengenai materi yang diajarkan
*        Guru menjawab pertanyaan yang diberikan oleh siswa (jika ada)
*      siswa menulis indicator yang ditulis oleh guru
*      siswa mendefenisikan pengertian potensial listrik dan medan listrik, berdasarkan konsep yang benar
*      siswa menyimak dan menulis penjelasan guru
*      siswa menulis persamaan potensial listrik dan kuat medan listrik pada dua keeping sejajar,
*      siswa mengajukan pertanyaan (jika ada)
*      siswa dan guru sama-sama mengerjakan contoh soal yang diberikan
*      siswa memberikan pertanyaan(jika ada)
*      siswa menulis contoh soal yang diberikan oleh guru.
*      Siswa mengerjakan contoh soal yang diberikan oleh guru
*      Siswa dan guru sama-sama mengoreksi penyelesaian soal yang dikerjakan siswa
*      Siswa bertanya (jika ada)
*      Siswa menyimak dan menulis penjelasan gurunya.
*      Siswa bertanya (jika ada pertanyaan)

Elaborasi
GURU
SISWA
*        Guru membiasakan siswa untuk rajin bertanya
*        Guru memfasilitasi siswa untuk menjawab pertanyaan dan membiasakan untuk dapat menyampaikan gagasannya

*      Siswa diperbolehkan untuk bertanya
*      Siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan gagasannya

Konfirmasi
GURU
SISWA
*      Guru menanyakan kepada siswa mengenai kepahaman mereka terhadap materi yang diajarkan
*      Siswa memberikan pertanyaan


C.    Kegiatan Akhir (20 menit)

GURU
SISWA
*      Guru menuntun siswa untuk memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah diajarkan
*      guru memberikan tugas(berupa tugas terstruktur) kepada siswa
*      Siswa memberikan kesinpulan
*      Siswa menulis tugas


Ø  Tugas Mandiri Terstrektur Yang Diberikan
No
Soal
Penyelesaiannya
Skor
1
Gambar dibawah ini menunjukan konduktor dua keeping sejajr yang dimuati oleh baterai 240 V dengan besar kuat medan listrik diantara keeping sebesar 6000 V/m.
 Tentukan, beda potensial antara titik C yang berjarak 2 cm dari B dengan titik B ..

 









Solusi:
Beda potensial baterai VBA = 240 volt; dengan jarak AB, d= 4cm = 4 x10-2 m
Dengan E = 6000 V/m
Maka jarak B dengan titik B,
r= 2 cm = 2x10-2 m.

dengan demikian beda potensial antara titik C dan B, VBC = E.r adalah jarak dari keping negative
maka:
VBC = E.r
= 120 volt








100




PERTEMUAN KETUJUH


A.    Kegiatan awal ( 10 menit)

*   Guru mengatur kondisi kelas.
*   Absensi
*   Menanyakan kesiapan siswa untuk memulai kegiatan pembelajaran
*   Apersepsi dan motivasi :Menunjukan bentuk dari kapasitor. Pernahkah kalian melihat komponen elektronika ini..? komponen ini dinamakan dengan kapasitor. Tahukah anda apa itu kapasitor.?

B.     Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
GURU
SISWA
*        Guru menulis indicator pembelajaran dipapan tulis
*        Guru mengarahkan siswa untuk dapat mendefenisikan pengertian dari kapasitor, dengan mendemontrasikan tentang kapasitor kepada siswa
*        Siswa diminta gagasan mereka untuk mendefenisikan pengertian dari kapasitor
*        Guru merangkup gagasan siswa dalam medifenisikan pengertian kapasitor dan membuat suatu pengertian kapasitor berdasarkan konsep yang benar
*        Guru menjelaskan fungsi dari kapasitor
*        Guru menyebutkan jenis-jenis dari kapasitor
*        Guru menyebutkan susunan dari kapasitor
*        Guru menjelaskan tentang kapasitas kapasitor
*        Guru memformulasikan kapasitas kapasitor pada keping sejajar
*        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
*        Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa (jika ada)
*        Guru membuat contoh soal untuk menghitung kapasitas kapasitor, dengan menggunakan persamaan kapasitas kapasitor
*        Guru dan siswa bersama-sama mengerjakan soal latihan yang diberikan
*        Guru menjelaskan tentang kapasitas ekivalen seri
*        Guru menulis persamaan untuk kapasitas ekivalen seri
*        Guru membuat contoh soal latihan untuk dikerjakan siswa mengenai kapasitas ekivalen seri
*        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyelesaikan soal latihan tersebut
*      Guru dan siswa bersama-sama mengoreksi penyelesaian soal yang telah dibuat
*        Guru menanyakan kembali tentang pemahaman siswa mengenai contoh soal yang diberikan
*        Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa (jika ada)
*      siswa menulis indicator yang ditulis oleh guru
*      siswa memperhatikan demontrasi guru menggunakan kapasitor
*      siswa medefenisikan pengertian kapasitor berdasarkan gagasan mereka
*      siswa menulis penjelasan guru dalam mendefenisikan pengertian kapasitor
*      siswa menyimak dan menulis penjelasan dari guru
*      siswa bertanya (jika ada)
*      siswa menulis contoh soal untuk dikerjakan
*      Siswa dan guru bersama-sama mengerjakan soal latihan yang diberikan
*      Siswa menyimak dan menulis penjelasan dari guru
*      Siswa menulis persamaan dari kapasitas ekivalen seri
*      Siswa menulis contoh soal latihan mengenai kapasitas ekivalen seri
*      Siswa mengerjakan soal latihan didepan kelas
*      Siswa dan guru bersama-sama mengoreksi penyelesaian soal yang telah dibuat
*      Siswa mengajukan pertanyaan(jika ada)







Elaborasi
GURU
SISWA
*        Guru membiasakan siswa untuk rajin bertanya
*        Guru memfasilitasi siswa untuk menjawab pertanyaan dan membiasakan untuk dapat menyampaikan gagasannya

*      Siswa diperbolehkan untuk bertanya
*      Siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan gagasannya


Konfirmasi
GURU
SISWA
*      Guru menanyakan kepada siswa mengenai kepahaman mereka terhadap materi yang diajarkan
*      Siswa memberikan pertanyaan


C.    Kegiatan Akhir (20 menit)

GURU
SISWA
*      Guru menuntun siswa untuk memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah diajarkan
*      guru memberikan tugas(berupa tugas terstruktur) kepada siswa
*      Siswa memberikan kesinpulan
*      Siswa menulis tugas

Ø  Tugas Mandiri Terstrektur Yang Diberikan
No
Soal
Penyelesaiannya
Skor


1













2
Diantara factor-faktor yang mempengaruhi nilai kapasitas suatu kapasitor keeping sejajar ialah..










 




Perhatikan gambar diatas. Besar C1= 30 µF, C2 = 15 µF dan C3= 10 µF. setealah ujung A dan B dileapas dari sumber tegangan yang beda potensialnya 6V, maka besar muatan pada C2 adalah…
Solusi:
Menggunakan persamaan kapasitas kapasitor untuk melihatnya;

C =  =

Jadi yang mempengaruhi nilai kapasitas suatu kapasitor yaitu;
-          Luas keping
-          Jarak antara keeping
-          Permitivitas bahan/konstanta
-          dielektrik


solusi:
rangkaian disusun seri maka
 =

Maka:
CTotal = 5 µF

Dengan besar muatan pada C2 adalah

Q2 = C2 x V2
= 90 µF





45











55






PERTEMUAN KEDELAPAN


A.    Kegiatan awal ( 10 menit)

*   Guru mengatur kondisi kelas.
*   Absensi
*   Menanyakan kesiapan siswa untuk memulai kegiatan pembelajaran
*   Apersepsi : guru mencoba merifiu kembali pemahaman siswa tentang  kapasitor sebagaimana yang telah mereka pelajari sebelumnya sebelum guru masuk pada pembelajaran inti.
*   dan motivasi : kita telah pelajari tentang kapasitor dipertemuan sebelumnya tahukah anda diantara lapisan kapasitor keeping terdapat lapisan yang dinamakan dielektrikum. Apa itu dielektrikum ?bagaimana pengaruh dielektrikum terhadap kapasitor ?,

B.     Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
GURU
SISWA
*      Guru menulis indicator pembelajaran dipapan tulis
*      Guru kembali merifiu kembali pemahaman siswa mengenai kapasitor dengan meminta siswa untuk medefenisikan pengertian dari kapasitor, serta fungsi dan susunannya
*      Guru meminta siswa untuk menyebutkan formula dari kapasitas ekivalen seri dan
*      Guru menjelaskan tentang kapasitas ekivalen paralel
*      Guru menulis persamaan untuk menghitung kapasitas ekivalen paralel
*      Guru membuat contoh soal latihan untuk menghitung kapasitas ekivalen paralel
*      Guru dan siswa bersama-sama mengerjakan soal tersebut
*      Guru kembali membuat soal untuk menghitung besar kapasitas ekivalen untuk susunan campuran (seri dan paralel) untuk dikerjakan oleh siswa
*      Guru mempersilahkan siswa untuk mengerjakan soal latihan didepan
*      Guru dan siswa sama-sama mengoreksi soal latihan yang telah dikerjakan
*      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
*      Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa (jika ada)
*      Guru menjelaskan tentang energi potensial kapasitor
*      Guru menulis persamaan energi potensial pada kapasitor
*      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
*      Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa (jika ada)
*      Guru membuat contoh soal latihan untuk menghitung energi potensial pada kapasitor dengan menggunakan persamaan energi potensial pada kapasitor
*      Guru dan siswa bersama-sama mengerjakan soal tersebut
*      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai pemahaman mereka terhadap soal latihan tersebut
*      Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa (jika ada)
*      Guru menjelaskan tentang dielektrikum
*      Guru menyebutkan jenis-jenis bahan dielektrikum
*      Guru menjelaskan tentang kekuatan dielektrikum
*      Guru menjelaskan pengaruh dielektrikum terhadap kapasitas kapasitor
*      Guru menjelaskan tentang kerusakan dielektrikum
*      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
*      Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa (jika ada)
*      siswa menulis indicator yang ditulis oleh guru
*      siswa menjawab pengertian dari kapasitor, susunan serta fungsi dari kapasitor.
*      Siswa menyebutkan kapasitas ekivalen seri
*      Siswa menyimak dan menulis penjelasan dari guru mengenai kapasitas ekivalen paralel
*      Siswa menulis persamaan untuk menghitung kapasitas ekivalen paralel
*      Siswa menulsi contoh soal untuk menghitung kapasitas ekivalen paralel
*      Siswa dan guru sama-sama menyelesaikan contoh soal tersebut
*      Siswa menulis contoh soal yang sama untuk dikerjakan oleh siswa
*      Siswa mengerjakan soal latiha kedua ini didepan kelas
*      Siswa dan guru sama-sama mengoreksi pekerjaan soal yang telah dikerjakan
*      Siswa bertanya(jika ada)
*      Siswa menyimak dan menulis penjelasan dari guru
*      Siswa bertanya (jika ada)
*      Siswa menulis contoh soal latihan
*      Siswa dan guru sama-sama mengerjakan soal latihan tersebut
*      Siswa bertanya (jika ada)
*      Siswa menyimak dan menulis penjelasan dari guru
*      Siswa bertanya (jik ada)



Elaborasi
GURU
SISWA
*        Guru membiasakan siswa untuk rajin bertanya
*        Guru memfasilitasi siswa untuk menjawab pertanyaan dan membiasakan untuk dapat menyampaikan gagasannya

*      Siswa diperbolehkan untuk bertanya
*      Siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan gagasannya


Konfirmasi
GURU
SISWA
*      Guru menanyakan kepada siswa mengenai kepahaman mereka terhadap materi yang diajarkan
*      Siswa memberikan pertanyaan





C.    Kegiatan Akhir (20 menit)

GURU
SISWA
*      Guru menuntun siswa untuk memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah diajarkan
*      guru memberikan tugas(berupa tugas terstruktur) kepada siswa
*      Siswa memberikan kesinpulan
*      Siswa menulis tugas


Ø  Tugas Mandiri Terstrektur Yang Diberikan
No
Soal
Penyelesaiannya
Skor




1









2
Kapasitor 5 diberi muatan dengan baterai 20 volt lalu diisolasi. Selanjutnya kapasitor ini dihubungkan secara paralel dengan kapasitor 20 yang mula-mula tidak bermuatan. Besar muatan akhir yang yang dimiliki oleh kapasitor 5 sekarang adalah…




Tiga buah kapasitor masing-masing 2 4 , 6  disusun parallel dan beda potensial 200 V dihubungkan pada ujung-ujung penghantar. Hitunglah:
a.       Kapasitas ekivalen
b.      Muatan ekivalen
c.       Muatan dan beda potensial tiap kapasitor.
Solusi:
Muatan Q1 = C1 . V = 5.20= 100 µC
C2 tidak bermuatan: Q2 = 0
Maka penyelesaiannya:
Ctotal = C1 + C2 = 5 + 20 = 25 µF
VTotal =  =  = 4 V

Maka:
QAkhir = C1 x VTotal
= 20 µC



Solusi:
Dik : C1 = 2  = 2 x 10-6 F
        C2 = 4  = 4 x 10-6 F
        C3 = 6  = 6 x 10-6 F
         V = 200 V
Dit : a. Cekivalen =…?
        b. Qekivalen =…?
        c. Q(1,2,3) dan V(1,2,3) =…?
Solusi :
a.       Cp = C1 + C2 + C3
= (2 + 4 + 6) . 10-6 F
      = 12 . 10-6 F

b.      QP = Cp V
      = 12 . 10-6 . 200
      = 2400 . 10-6C

c.       Qekivalen
Q1 = C1 . V = 400. 10-6 C
 Q2 = C2 . V = 800. 10-6 C
 Q3 = C3 . V = 1200. 10-6 C
Vekivalen


35












75

Penilaian                                :
1.      Teknik Penilaian          : Tugas Individu
2.       Bentuk Instrumen      : Penilaian terhadap keaktifan siswa dalam proses belajar
            mengajar (menjawab dan bertanya)
3.      Tes

Alat/bahan/sumber bahan    :
1.      Buku Fisika yang Relevan,
2.       media power point
3.      Kapasitor
4.      Spidol
5.      Papan Tulis


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Mata Pelajaran
Rounded Rectangle: “Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)”
Untuk SMA Kelas XII Semester I

 
OLEH
Kelompok-V-Kelas A
Nama-Nama Kelompok
1.	Irawan Galela			( 2010-43-127 )
2.	Klif Ch. Pattianakota		(                              )		
3.	Sutia				(		      )
4.	

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PATTIMURA
AMBON
2013
TUGAS PERENCANAAN
PENGAJARAN 
FISIKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar