LKS Eksperimen
“ PENGGUANAAN ALAT UKUR PANJANG ”
OLEH
Nama : Irawan Galela
Nim : 2010 – 43 - 123
Prody : Pendidikan Fisika
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PATTIMURA
AMBON
2012
Judul: PENGGUNAAN ALAT
UKUR PANJANG
Petunjuk.
1.
Sebelum melakukan eksperimen pastikan
terlebih dulu kelengkapan alat dan bahan yang akan digunakan sesuai jenis eksperimen
yang akan dilakukan.
2.
Sebelum melakukan eksperimen terlebih
dulu bacalah prosedur atau langkah-langkah percobaan dalam eksperimen.
3.
Apabila dalam melakukan
eksperimen terdapat hal-hal yang tidak dimengerti tanyakanlah kepada guru ataua
sisten ( jika ada ).
4.
Bacalah buku-buku yang menyangkut
dengan topic eksperimen anda untuk menambah pemahaman dan memudahkan anda dalam
melakukan eksperimen.
5.
Setelah melakukan eksperimen jawablah
pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam eksperimen( jika ada ).
Kompetensi
Dasar( KD ) / Mata pelajaran ( MP ).
Kompetensi Dasar( KD ).
|
Mata Pelajaran( MP ).
|
1. Mengukur besaran-besaran fisika dengan alat yang sesuai, dan mengelola
data hasil dengan menggunakan angka penting.
|
FISIKA
|
Informasi
Pendukung.
Mengukur bertujuan mengetahui harga besaran
yang diukur. Pengukuran suatu besaran ada yang dapat diukur secar langsung (
misalnya, panjang ), dan ada pula besaran yang tidak dapat diukur secara langsung
( misalnya, luas suatu permukaan, volume suatu benda ).
Pengukuran dikatakan baik apabila hasil ukurannya
mempunyai ralat ( error ) atau ketidakpastian
yang relative kecil dan harga sesungguhnya terletak dalam ralat tersebut.
Tugas
/ langkah Kerja.
a.
Alat
dan Bahan Eksperimen
1. Alat
Eksperimen Yang Digunakan:
a. Mistar
b. Jangka
Sorong
c. Mikrometer
Sekrup
2. Bahan
Eksperimen Yang Digunakan :
a. Beberapa
Benda ( zat padat ) yang akan diukur volumenya.
b.
Prosedur
Eksperimen
1. Pada
percobaan/eksperimen ini disediakan tiga buah benda yang akan diukur volumenya.
2. Ukur
setiap sisi benda pada beberapa tempat yang berbeda dengan alat ukur yang
disediakan ( mistar, jangka sorong, dan micrometer sekrup ).
3. Setelah
pengukuran pada langkah kedua tentukan volume masing-masing benda berdasarkan
alat ukur yang dugunakan. Ingat, hasil pengolahan data dengan menggunakan angka
penting. lihatlah dimensi manakah yang memiliki sumbangan ralat terbesar dalam
perhitungan volumenya.
4. Ulangi
pengukuran yang sama dengan menggunakan benda-benda yang lain.
5. Catatlah
hasil pengukuran dalam Tabel Data Hasil Pengamatan ( tanyakan kepada guru
bentuk tabel hasil pengamatannya ).
Penilaian.
1. Pengukuran
dengan menggunakan mistar ( 10 )
2. Pengukuran
dengan menggunakan jangka sorong ( 10 )
3. Pengukuran
dengan menggunakan micrometer sekrup ( 10)
4. Perhitungan
volume masing-masing benda dengan
menggunakan mistar (20)
5. Perhitungan
volume masing-masing benda dengan
menggunakan jangka sorong (20)
6. Perhitungan
volume masing-masing benda dengan
menggunakan micrometer sekrup (20)
7. Tabel
hasil pengamatan ( 10 )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar